blank
Ilustrasi daging kambing. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mengolah daging kurban di Hari Raya Idul Adha? Jika kamu masih merasalan bau prengus dari daging kambing adalah masalah terbesarmu, maka kamu tak perlu khawatir.

Salah satu daging yang banyak permasalahan dalam pengolahannya adalah daging kambing, ya! Tidak sedikit orang dipusingkan oleh tekstur daging kambing yang alot, juga dibuat kelimpungan mengatasi bau prengus daging kambing yang gak ada lawan.

Dilansir dari Suara.com nah, ini dia 4 cara mudah menghilangkan bau prengus dari daging kambing, yang dirangkum dari berbagai sumber!

1. Membuang Lemak pada Daging Kambing

Lemak yang melekat pada daging ialah salah satu sebab kuatnya aroma prengus dari daging kambing. Jadi, kalau kamu benar-benar mau menghindari bau-bau tidak sedap itu silakan kamu buang lemak kambing sebelum masuk ke tahap olahan selanjutnya, ya!

2. Hindari Mencuci Daging

Kebiasaan mencuci sebelum mengolah bahan masakan tidak selamanya bagus untuk jenis bahan masakan tertentu, lho! Pada daging kambing misalnya, mencuci daging kambing sebelum pengolahan, rupanya membuat tekstur daging jadi lebih alot dan aroma prengusnya jadi lebih semerbak. Lantas bagaimana pengolahan yang tepat? Langsung rebus saja daging setelah dibuang lemak-lemaknya, ya!

3. Merendam Daging dengan Air Garam

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, yakni dengan merendam daging kambing yang telah dibersihkan dari lemak-lemaknya ke dalam air dingin yang sebelumnya telah ditambahkan garam. Cara ini bisa bikin usaha kamu hilangkan bau prengus kambing lebih pakem!

4. Direndam dengan Susu

Kalau pun kamu khawatir garam akan mempengaruhi rasa daging kambingmu. Ada lho bahan alternatif yang bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing, selain garam. Bahan alternatif yang dimaksud adalah susu. Dengan menggunakan susu sebagai rendaman daging kambing, kamu telah menghilangkan bau prengus daging kambing yang biasanya mengganggu sekali, ya!

Nah, gimana? Mudah, bukan? Jadi gak bingung lagi menjelang hari raya kurban. Selamat mencoba!

Claudia