blank
Ilustrasi sate. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjelang perayaan hari raya Idul Adha yang merupakan salah satu hari raya besar bagi umat muslim ini tentunya cukup identik dengan perayaan kurban atau acara pemotongan hewan kurban.

Umumnya di Indonesia hewan-hewan yang dijadikan hewan kurban adalah kambing, sapi atau domba. Daging kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Pada perayaan Idul Adha di Indonesia tentunya juga memiliki beberapa hidangan yang cukup lumrah disajikan atau ditemui saat perayaan hari raya kurban. Berikut merupakan 4 makanan yang sering disajikan atau ditemui saat perayaan Idul Adha di Indonesia.

Baca Juga: Ini 4 Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Menggunakan Bahan Alami

1. Sate

Makanan ini tentunya cukup sering atau bahkan hampir pasti ditemui disajikan saat perayaan Idul Adha. Umumnya saat menerima daging kurban, orang-orang akan langsung memasaknya. Salah satu makanan yang cukup sering ditemui dimasak saat perayaan Idul Adha adalah sate.

Hal mungkin dikarenakan sate merupakan makanan yang cukup mudah dan sederhana untuk dibuat. Bahkan, tidak jarang pula beberapa penduduk atau warga di Indonesia mengadakan agenda bakar-bakar sate beramai-ramai ketika perayaan hari raya Idul Adha.

2. Gulai

Makanan yang mendapatkan akulturasi dari Timur tengah dan India ini juga seringkali ditemui disajikan saat perayaan Idul Adha di Indonesia. Umumnya, orang-orang akan menggunakan daging sapi atau kambing untuk diolah menjadi gulai.

Baca Juga: Mau Bikin Sate Sapi Empuk Pakai Daun Pepaya? Simak Resep di Bawah Ini!

Tentunya ada banyak varian gulai yang dapat ditemui di Indonesia, tergantung dari daerah dan cara memasak gulai tersebut. Meskipun tergolong memerlukan waktu untuk memasaknya, hidangan gulai tentunya cukup identik menjadi sajian yang tidak terlewatkan dalam perayaan hari raya Idul Adha.

3. Kare

Sama seperti gulai, kare juga merupakan salah satu makanan lokal yang mendapatkan akulturasi dari Timur tengah ataupun India. Memasak kare juga hampir sama dengan memasak gulai.

Kare umumnya terbuat dari daging kambing meskipun adapula orang-orang yang memasak kare memggunakan daging sapi ataupun domba. Makanan satu ini memang terkenal memiliki citarasa rempah-rempah yang cukup kuat sehingga seringkali disajikan saat perayaan hari raya kurban.

Baca Juga: Cegah Bakteri Baik Hilang, Ini 3 Tips Mencairkan Daging Ayam Beku Dengan Benar

4. Sop

Selain sate, makanan satu ini juga cukup sering dimasak saat perayaan Idul Adha karena memang cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Memasak sop memang tidak memerlukan banyak rempah-rempah karena kaldu yang dapat diperoleh dari daging yang telah direbus.

Sop umumnya menggunakan daging kambing ataupun sapi. Tentunya hidangan sop ini juga sangat cocok disajikan bagimu yang ingin menikmati hidangan khas hari raya Idul Adha namun tetap ingin menjaga pola makan.

Nah, itulah beberapa sajian makanan khas Idul Adha yang cukup sering ditemui di Indonesia. Jadi, sudah tentukan nanti sewaktu perayaan Idul Adha kamu mau memasak apa ?

Claudia