ilustrasi. Foto:Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kuku merupakan bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.

Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein. Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Kuku memiliki peranan penting dalam perlindungan terhadap jari tangan atau kaki yang rentan mengalami cedera. Di samping itu, kuku juga memiliki daya tarik tersendiri, karena berkaitan erat dengan kecantikan serta keindahan tubuh.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Lima Tips Alami Mengatasi Rambu Rontok

Kuku yang sehat memiliki warna merah muda yang menyebar di seluruh permukaan. Meski begitu, kuku juga bisa mengalami perubahan warna menjadi kusam dan kekuningan. Kondisi ini biasanya dipicu oleh kotoran, infeksi jamur, serta jarang membersihkan kuku.

Perubahan warna kuku ini tentu akan membuat rasa percaya diri seseorang menurun, karena dianggap jorok dan kurang memperhatikan kebersihan diri.

Dilansir dari suara.com, beberapa tips ampuh untuk mengembalikan warna kuku yang menguning, berikut lima diantaranya.

Baca Juga:Tips Mengusir Nyamuk Dengan Cara Alami

1. Menggunakan Jus Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang bisa membantu menghilangkan noda, kotoran, dan lapisan lain pada permukaan kuku yang membuatnya tampak kuning dan kusam.

Cara mengembalikan warna asli kuku dengan jus lemon terbilang cukup mudah. Anda cukup merendam kuku di dalam larutan jus lemon selama beberapa menit. Kemudian gosok permukaan kuku menggunakan sikat gigi bulu halus secara perlahan dan bilas sampai bersih.

2. Menggunakan Soda Kue

Soda kue memiliki sifat abrasif ringan yang dapat menghilangkan noda, kotoran, serta lapisan permukaan yang kasar seperti kuku. Bahkan, soda kue juga bersifat sedikit basa sehingga dapat membantu menghilangkan asam yang mungkin terdapat pada kuku.

Baca Juga: Gula Darah Tetap Stabil, Ini Delapan Tips Aman Mengonsumsi Kembang Gula

Caranya, campurkan 1 sendok makan hidrogen peroksida dan 2,5 sendok makan soda kue dalam mangkuk kecil. Aduk hingga tercampur menjadi pasta, dan oleskan pada permukaan kuku.

Diamkan selama 5–10 menit, lalu bilas sampai bersih dan pijat kuku jari dengan hand cream atau minyak atsiri. Ulangi cara ini pada kuku Anda setiap 6 sampai 8 minggu sekali.

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Kandungan asam lemak ini efektif untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kuku, sehingga membuatnya tampak lebih sehat dan cerah.

Baca Juga:Tips Menjadikan Bangun Pagi Sebagai Sebuah Kebiasaan

Caranya, rendam kuku pada minyak zaitun selama beberapa menit. Kemudian, sikat kuku dengan lembut untuk membersihkan kuku. Terakhir, bilas tangan dengan air bersih dan keringkan.

4. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu menghilangkan noda, kotoran, dan lapisan yang menempel pada permukaan kuku. Selain itu, cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat menjaga kesehatan dan warna alami pada kuku Anda.

Caranya, rendam kuku dalam 1/2 cangkir cuka apel selama 20 menit, dan keringkan. Anda bisa ulangi cara ini sebanyak tiga kali sehari selama satu bulan penuh.

Baca Juga: Tetap Awet dan Segar, Ini 3 Tips Menyimpan Buah Potong

5. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan minyak esensial dengan sifat antijamur, antibakteri, dan antiseptik. Berdasarkan studi ilmiah dari jurnal Mycopathologia menyebutkan bahwa sifat-sifat ini membuat tea tree oil kerap digunakan dalam perawatan kulit dan kuku, termasuk mengatasi perubahan warna menjadi kuning dan kusam.

Caranya, teteskan tea tree oil pada kapas dan oleskan pada kuku yang menguning, lalu diamkan selama 5 hingga 10 menit.

Itulah tadi pembahasan tentang lima tips ampuh mengembalikan warna kuku yang menguning, semoga bermanfaat!

Claudia