blank
Ilustrasi rambur ronto. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Untuk sebagian orang masalah rambut rontok jadi momok yang bikin stres. Terlebih masalah rambut rontok yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan kebotakan.

Kerontokan rambut terjadi ketika siklus pertumbuhan rambut dan pelepasan rambut terganggu, atau ketika folikel rambut mengalami kerusakan dan diganti dengan jaringan skar/luka. Rambut rontok biasanya disebabkan oleh satu atau lebih faktor keluarga (keturunan).

Sementara itu, rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Selain itu, pola makan yang tidak sehat, seperti kurang protein dan zat besi, juga dapat mengurangi kesuburan akar rambut, sehingga menimbulkan kerontokan.

Baca Juga: Tips Rambut Lurus Alami

Rambut rontok pada remaja juga bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu, terutama protein, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zinc, zat besi, dan biotin. Kekurangan nutrisi tersebut bisa terjadi karena diet yang terlalu ketat, ketidakseimbangan pola makan, dan makan terlalu banyak.

Lantas apa saja sih cara alami yang dapat mengatasi masalah rambut rontok? Melansir laman alodokter, berikut informasinya!

1. Tidak Terlalu Sering Keramas

Kamu jangan salah kaprah! Rajin keramas bukan cara yang tepat untuk menjaga kondisi rambut tetap sehat, apalagi jika dilakukan dengan intensitas yang terbilang tinggi. Keramas menggunakan sampo terlalu sering justru berisiko membuat rambut jadi rusak, kering, gampang patah, dan terlihat lebih tipis. Kondisi demikian akan diperparah jika kamu mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk.

Baca Juga:Tips Rambut Tebal dan Sehat Berkilau Alami

Agar rambut dan kulit kepala tetap bersih dan sehat, kamu dianjurkan untuk keramas sebanyak 1–3 kali saja dalam seminggu. Selanjutnya, keringkan rambut dengan cara menepuk handuk ke rambut secara lembut, ya!

2. Tata Rambut dengan Lembut

Kamu nyadar gak sih kalau berbagai trend penataan rambut, seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut, berisiko membuat rambut rusak, kering, dan mengiritasi kulit kepala. Pun tak hanya itu, kebiasaan mengikat dan mengepang rambut terlalu kencang dapat menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi lebih mudah untuk rontok. Untuk meminimalkan kerontokan dan menjaga kulit kepala tetap sehat, sebisa mungkin untuk menghindari penataan rambut yang telah disebutkan di atas, ya!

3. Terapkan Pola Hidup Sehat

Sudah paten sih kalau kunci menjaga kesehatan, ya dengan menerapkan pola hidup sehat. Dan perlu kamu ketahui kalau beberapa jenis penyakit, seperti kurang gizi dan anemia bisa menjadi penyebab masalah rambut rontok. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi masalah rambut rontok, upayakan menjalani pola hidup sehat dengan memastikan asupan makanan harus yang sehat dan dibarengi dengan olahraga secara rutin.

Baca Juga: Tips Rambut Tebal dan Sehat Berkilau Alami

4. Gunakan Minyak Rambut

Masalah rambut rontok juga bisa diatasi dengan minyak rambut, lho! Kamu bisa memanfaatkan minyak alami, seperti minyak kelapa untuk merawat rambut. Diketahui minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala secukupnya, lalu pijat secara lembut dengan gerakan memutar. Oleskan juga sisa minyak yang menempel di telapak tangan ke bagian rambut lain, termasuk ujung rambut. Setelah itu, tutupi rambut dengan handuk, diamkan semalaman, lalu keramaslah hingga bersih.

5. Pakai Masker Rambut

Selain menggunakan minyak rambut, rutin menggunakan masker rambut juga dapat membantu mengurangi rambut rontok. Masker rambut ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti kuning telur dan lidah buaya.

Kuning telur mengandung biotin, asam amino, vitamin A, dan folat yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Sedangkan, lidah buaya mengandung vitamin E, vitamin B12, asam folat, vitamin C, dan kolin yang bermanfaat memperkuat rambut.

Seperti dilansir dari Suara.com, jika cara di atas belum ampuh membantu mengatasi masalah rambut rontok kamu, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan penyebab dari kerontokan sehingga masalah kerontokan mendapat perawatan atau penanganan yang tepat.

Claudia