PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 sukses menggelar Pekan Raya Pegadaian yang berlangsung di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Foto: Dok/Pegadaian

JAKARTA (SUARABARU.ID) – PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 sukses menggelar Pekan Raya Pegadaian yang berlangsung di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, pada Jumat-Minggu (13-15/10/2023). Tak hanya pengunjung, para pelaku UMKM peserta bazar juga antusias mengikuti event tersebut.

Salah satu peserta bazar UMKM, Vita S, owner esential oil dengan brand Sejalan yang juga peserta program GadePreneur tersebut merasa terbantu dalam hal promosi produk melalui bazar UMKM di Pekan Raya Pegadaian.

“Ini luar biasa, di GadePreneur kita dibekali ilmu yang luar biasa, bagaimana caranya membranding usaha hingga bagaimana mendistribusikan yang benar. Kita juga difasilitasi banyak banget hingga disediakan event untuk expo di Pekan Raya Pegadaian. Ini pengalaman yang luar biasa,” ujar Vita, Senin (16/10/2023).

Bazar UMKM di Pekan Raya Pegadaian merupakan pengalaman pertamanya. Dari ilmu yang diperoleh di GadePreneur, ia terapkan dalam event tersebut untuk memasarkan dan meningkatkan produksi produk esential oil miliknya. “Yang pasti, kami merasa terbantu. Kami berharap ada event-event serupa yang digelar,” ucapnya.

Owner Kaloka yang mempunyai produk fashion kekinian, Kevin Antonio Ketaren mengatakan sangat senang bisa mengikuti Pekan Raya Pegadaian. Menurutnya, melalui pekan raya tersebut, dirinya bisa bertemu dengan pembeli dan pelaku UMKM lainnya.

“Di Pekan Raya Pegadaian ini, saya bisa ketemu buyer-buyer dan UMKM lain. Ke depan, acara bisa ditingkatkan lagi secara intensitas dan kami diajak lagi,” harapnya.

Sementara itu Pemimpin PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2, Endang Pertiwi menuturkan, Pekan Raya Pegadaian digelar sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih perusahaan kepada nasabah dan masyarakat luas.

Dalam event ini, ada banyak rangkaian acara dengan tujuan memberikan hiburan dan beragam hadiah menarik. Selain Bazar UMKM, juga digelar tebus murah sembako, bazar lelang emas, talkshow, hiburan musik, hingga aneka perlombaan dan lucky draw.

“Untuk bazar atau expo UMKM, diikuti para UMKM binaan. Ini juga bagian dari fasilitas yang kami berikan sebagai bagian dari pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM agar naik kelas,” kata Endang.

Tak hanya bazar atau expo, melalui program GadePreneur, para pelaku UMKM binaan juga mendapatkan fasilitas berupa branding, pengurusan perizinan, sertifikat halal. Serta, pembinaan yang kontinyu, sehingga pelaku UMKM mampu untuk meningkatkan hasil penjualan.

Selain bazar UMKM, sambung Endang, juga ada pengundian Pegadaian Poin, bazar lelang emas hingga talkshow literasi keuangan dengan tujuan meningkatkan literasi dan menjadi bagian inklusi keuangan di masyarakat.

“Pengundian Pegadaian Poin ini kami bagikan beragam hadiah mulai dari tabungan emas, mobil wuling Air EV, sepeda motor scoopy, PS5 dan lainnya,” tambah Endang.

Dikatakan, untuk masyarakat yang belum beruntung mendapatkan hadiah undian Pegadaian Poin, masih ada kesempatan. Pasalnya, nantinya akan ada tahap selanjutnya dengan hadiah yang tak kalah menarik.

“Caranya, kami ajak masyarakat untuk memperbanyak poin melalui transaksi di Pegadaian. Bisa transaksi melalui Pegadaian Digital Services (PDS) atau datang langsung ke outlet Pegadaian. Semakin banyak transaksi, semakin banyak poin yang dikumpulkan. Sehingga peluang menang lebih besar,” tandasnya.

Ning S