Ilustrasi berdoa. Foto: Dok/Jurnal Islam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Cuaca panas yang akhir-akhir ini dirasakan masyarakat Indonesia menjadi salah satu godaan terberat untuk melakukan suatu aktivitas, karena kita menjadi tidak nyaman dengan atmosfernya.

Bahkan sebagian orang merasakan dampak cuaca panas hingga mereka mengalami dehidrasi, pusing dan gangguan kesehatan lain.

Untuk meringankan suasana hati yang juga terdampak cuaca panas, kita bisa membaca doa saat cuaca panas. Seperti apa doa saat cuaca panas?

Saat cuaca panas, selain menyiapkan air minum, sebaiknya kita menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan bervitamin tinggi. Untuk melengkapi dan menyempurnakan menjaga kesehatan, kita bisa membaca doa saat cuaca panas.

Bacaan doa saat cuaca panas:

Allahumma Khaffif ‘Anna wa ‘ani al-Muslimiin, Allahumma qina syarra haadza al-harr, wahminaa minhu wa mimmaa yamilu min adzaa, Allahumma Laa Taj’al fiihi al-maradh wa laa al-halaak li ahadin min ‘ibaadika. Allahumma khaffif haraarata as-syamsi, wa atsarahaa ‘alaynaa. Allahumma ajirnaa min naari jahannama yaa Rahiim. Allahumma Ajirnaa min harri jahannama yaa Ghaafira ad-dzanb, wa Qaabila at-taubah, Ya Ghafuur, Ya Rahiim.

Artinya:

“Ya Allah, ringankanlah dari kami dan kaum muslimin. Ya Allah, selamatkan kami dari bahaya panas ini, lindungilah kami dari panas ini dan dari penyakit yang dibawanya. Ya Allah jangan engkau jadikan pada panas ini penyakit dan kebinasaan bagi siapapun dari para hamba-Mu. Ya Allah, ringankanlah panas matahari ini dan dampaknya bagi kami. Ya Allah, selamatkan kami dari api neraka wahai Yang Maha Pengasih. Ya Allah, selamatkan kami dari panas neraka wahai Yang Maha Mengampuni dosa, Maha Menerima taubat.Wahai Allah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih.”

Saat ini suhu di berbagai kota Indonesia bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius. Dengan suhu yang sangat tinggi, kita bisa mengalami sejumlah gangguan fungsi tubuh. Misalnya yang harus diwaspadai adalah heatstroke. Bahkan yang terparah, suhu ekstrem ini bisa mengakibatkan seseorang meninggal.

Untuk menjaga tubuh tetap fit saat cuaca panas, sering-seringlah minum air mineral untuk menghidrasi tubuh. Jangan lupa berdoa saat cuaca panas agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

Ning S