ilustrasi buah potong. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah potong merupakan buah-buahan segar yang telah dipotong-potong menjadi potongan kecil dan siap untuk langsung dikonsumsi. Ini adalah cara tradisional dan sederhana untuk mengonsumsi buah-buahan.

Buah potong memang dianggap lebih praktis daripada buah yang masih utuh. Oleh karena itu, buah potong bisa menjadi alternatif mengonsumsi buah-buahan tanpa ribet. Berbeda dengan buah utuh yang masih perlu dikupas dan dipotong sebelum mengonsumsinya, buah potong dapat langsung dikonsumsi setelah dibeli.

Dilansir dari Suara.com, menyimpan buah potong terlalu lama biasanya dihindari mengingat masa penyimpanannya yang lebih sebentar daripada buah yang masih utuh. Namun bukan berarti membuat buah potong tetap tahan lama juga tidak bisa, lho.

Baca Juga: Buah Delima, bagi Mereka yang Ingin Segera Punya Anak

Ada beberapa cara yang bisa dicoba agar buah potong lebih awet dan tetap segar melansir dari laman Happyfresh. Berikut ini tipsnya!

1. Menggunakan Plastik Wrap

Membungkus buah potong dengan menggunakan plastik wrap sebelum memasukkannya dalam kulkas dapat menjaga kualitas dan kesegaran buah potong. Plastik wrap akan melindungi buah potong terkontaminasi udara dari makanan lain dari dalam kulkas.

Biasanya, cara mengawetkan buah potong seperti ini dilakukan di beberapa supermarket dan toko buah. Meskipun sederhana, membungkus buah potong dengan plastik wrap dapat membuat buah menjadi lebih awet.

Baca Juga:Tips Memilih Buah yang Matang

2. Menyimpan di Wadah Tertutup

Sama halnya dengan menyimpan buah dalam plastik wrap, menyimpan buah dalam wadah tertutup dapat membantu menjaga kelembapan dan kesegaran buah potong. Sebaiknya gunakan wadah tertutup seperti toples kaca atau plastik yang kedap udara. Selanjutnya, buah potong bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Cuci dan keringkan wadah terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk menyimpan buah potong. Pastikan bahwa wadah yang digunakan telah bersih dan kering.

3. Merendam Buah dengan Air Dingin

Dilansir dari laman Livestrong, menggunakan air dingin dapat mengurangi bahkan memperlambat proses oksidasi pada buah potong. Biasanya, buah-buahan akan mengalami oksidasi yang menyebabkan warna buah menjadi kecokelatan jika dibiarkan di udara terbuka.

Nah, proses oksidasi ini bisa diperlambat dengan menggunakan bantuan air dingin. Caranya juga cukup mudah. Siapkan air dingin dan buah potong bisa langsung direndam di dalam air tersebut.

Nah, itu dia beberapa tips menyimpan buah potong agar awet dan lebih tahan lama. Meskipun begitu, buah potong harus tetap dikonsumsi secepatnya agar tetap segar dan tidak busuk.

Claudia