blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bawang putih atau dengan nama lain Allium sativum merupakan tanaman herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Bawang putih banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Bawang putih adalah tanaman dari Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa makan bawang putih sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Sebab bawang putih akan melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa menurunkan hipertensi. Karena makan bawang putih bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah Anda, maka kesehatan darah akan terjaga.

Tapi tahukah kamu bahwa bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Bawang putih bukan hanya memberikan rasa enak pada masakan, tapi juga memiliki khasiat yang luar biasa. Contohnya mengatasi flu, menjaga kesehatan kulit, mencegah kanker, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Dianggap Tidak Berguna, Tapi Taukah Kamu Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Olesan bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gosok untuk meredakan nyeri otot. Dilansir alodokter, berikut berbagai khasiat olesan bawang putih untuk tubuh:

1. Menyembuhkan luka dan membantu melawan infeksi pada tubuh

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat. Ini berarti bawang putih dapat membantu melawan infeksi pada tubuh. Dengan mengoleskan bawang putih pada luka atau gigitan serangga, kamu dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi.

2. Meredakan nyeri otot dan sendi

Bawang putih memiliki efek antiinflamasi yang baik. Jika kamu mengalami nyeri sendi atau otot, mengoleskan bawang putih pada area yang terkena dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit.

Caranya yaitu cukup gosok minyak bawang putih ke area yang sakit dengan pijatan yang lembut. Selain itu, Bawang putih juga dapat membantu mengurangi gejala asma dan alergi.

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Yuk Simak Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

3. Membantu menyehatkan kulit kepala dan mencegah rambut rusak

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat menyehatkan kulit kepala dan mencegah rambut rusak. Kandungan vitamin dan mineral juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Caranya yaitu mengencerkan bawang putih dengan minyak sebelum mengoleskannya ke kepala, misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa. Mencampurkan bawang putih dan minyak berguna untuk menghindari risiko iritasi pada kulit kepala.

4. Mengobati jerawat secara alami

Bawang putih diketahui menjadi bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang ampuh melawan bakteri penyebab jerawat dan meredakan kemerahan pada jerawat.

Caranya, tempelkan beberapa irisan bawang putih mentah pada jerawat atau menghaluskan sekitar 2 atau 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada area jerawat. Tunggu selama beberapa menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Kaya akan Antioksidan, Yuk Simak 5 Manfaat Bawang Bombay

5. Mengatasi kutu air pada kulit

Bawang putih secara alami memiliki kandungan yang bersifat antijamur. Caranya dengan mengoleskan minyak bawang putih pada area yang terkena kutu air. Hal tersebut dapat berguna unutk mengurangi gatal akibat kutu air.

Itulah lima khasiat olesan bawang putih untuk tubuh. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan bawang putih dalam perawatan tubuhmu.

Tapi, ingatlah bahwa bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau alergi. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan bawang putih sebagai pengobatan alternatif.

Claduia