blank
ilustrasi bawang putih yang kaya akan antioksidan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bawang putih atau dengan nama ilmuah Allium sativum merupakan tanaman herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Bawang putih banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Bawang putih adalah tanaman dari Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa makan bawang putih sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Sebab bawang putih akan melancarkan sirkulasi darah sehingga bisa menurunkan hipertensi. Karena makan bawang putih bisa mengurangi kolesterol jahat dalam darah Anda, maka kesehatan darah akan terjaga.

Manfaat baik tersebut sebagian besar didapatkan dalam beberapa kandungan bawang putih, di antaranya serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium dan antioksidan.

Baca Juga:Kaya akan Antioksidan, Yuk Simak 5 Manfaat Bawang Bombay

Dilansir dari laman healthline dan health.clevelandclinic, berikut ini lima khasiat bawang putih bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memberikan efek antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat paling terkenal dari bawang putih adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Baca Juga:Sering Dilewatkan, Tiga Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan

Senyawa allicin dalam bawang putih membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko pembentukan plak di arteri.

3. Sistem Kekebalan Tubuh yang Ditingkatkan

Konsumsi bawang putih secara teratur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa seperti ajoene dan allicin dalam bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antivirus, membantu tubuh melawan infeksi bakteri, virus, dan jamur.

4. Menyokong Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam bawang putih memberikan dukungan penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan mampu menjaga kekuatan serta integritas tulang.

5. Potensi Antikanker

Penelitian awal menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi dalam mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui

Senyawa allicin dan senyawa sulfur lainnya dalam bawang putih dapat memiliki efek protektif terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, bawang putih sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk segar atau dimasak secara ringan. Proses memasak dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman seperti bau mulut yang kuat yang sering dikaitkan dengan konsumsi bawang putih mentah.

Claudia