blank
Ilustrasi bawang merah. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bawang merupakan bumbu dapur yang selalu digunakan pada masakan. Sering kali, setelah kita mengupas kulitnya, langsung kita buang. Namun, mulai saat ini jangan dibuang lagi sebab mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Suara.com, kulit bawang merah mengandung serat,vitamin A,B,C, antioksida, dan flavonoid.

Tak hanya bawang merah saja, kulit bawang putih maupun bawang bombay juga memiliki kandungan nutrisi yang sama seperti kulit bawang merah. Dilansir dari klikdokter, 3 manfaat kulit bawang bagi kesehatan,

1. Penawar Rasa Ngantuk

Kulit bawang dapat mengatasi kamu dalam mengalami kesulitan tidur, kulit bawang adalah obat tidur yang alami. Kulit bawang kaya kandungan L-triptopan, yang bermanfaat sebagai penenang alami dan dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Kamu bisa menggunakan kulit bawang yang mana saja, lalu di seduh dengan air panas dalam cangkir kemudian ditutup. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu disaring. Minum seduhan kulit bawang sebelum tidur dan rasakan manfaat dari kulit bawang.

2. Dapat Membasmi Kanker

Kulit bawang kaya akan kandungan quercetin dan anthocyanin yang dapat membasmi sel kanker. Kedua kandungan ini sangat berpotensi untuk membasmi sel-sel kanker. Misalnya membasmi sel-sel kanker usus besar dan payudara.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung ialah penyakit yang mematikan. Salah satu penyebab penyakit jantung yaitu adanya peradangan arteri kotener. Untuk mengatasi peradangan tersebut dapat dengan mengonsumsi kulit bawang karena kulit bawang memiliki kandungan flavonoid yang disebut dengan quercetin, yang dapat digunakan sebagai antiradang.

Agar jantung bisa terhindar dari penyakit tersebut kamu bisa mengonsumsi kulit bawang merah. Kamu bisa mengonsumsi kulit bawang merah dengan mencelupkan ke dalam makanan maupun dicelupkan ke dalam teh.

Ternyata kulit bawang yang sering kita buang karena kita berpikir bahwa itu adalah sampah, ternyata memiliki banyak manfaat dan jarang di ketahui oleh kita.

Terutama manfaat seperti yang disebutkan diatas. Mulai sekarang bila ada kulit bawang jangan di buang tetapi di jadikan sebagai bahan obat alami untuk mengobati penyakit. Jangan lupa untuk mencobanya, ya.

Claudia