blank
Ilustrasi daun bawang. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin sebagian orang banyak yang tidak menyukai daun bawang untuk dikonsumsi karena baunya yang menyengat.

Kemudian, orang hanya mengetahui bahwa daun bawang ini kerap dipakai guna menambah rasa seperti untuk bubur ayam atau telur dadar.

Dilansi dari Suara.com pada Selasa (27/09/2022), daun bawang dengan nama latin Allium fistulosum dan memang bukan merupakan jenis makanan yang disukai oleh banyak orang.

Baca Juga: Sering Dianggap Rumput Biasa, Enam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Bahkan saat dicampur dalam bubur ayam pun terkadang tidak sedikit orang yang menyingkirkannya padahal daun bawang ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti dirangkum dari klikdokter, berikut empat manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

1. Dapat Melawan Kanker

Daun bawang diketahui dapat menghalangi pertumbuhan kanker, meskipun para peneliti belum terlalu yakin tentang manfaat daun bawang ini.

Baca Juga: Baik Untuk Kesehatan Usus, Simak Tiga Manfaat Biji Chia Seed

Akan tetapi, para peneliti percaya bahwa senyawa kandungan dalam daun bawang yang disebut allicin tersebut dapat mencegah sel-sel kanker atau memperlambat penyebaran tumor.

2. Mencegah Infeksi

Asal kamu tahu, ternyata ekstrak daun bawang ini telah lama digunakan sebagai obat dan dipercaya bisa membunuh bakteri, jamur serta virus.

Bahkan dalam sebuah tes laboratotium, jenis daun bawang tertentu pada konsentrasi yang cukup tinggi hal ini dapat memperlambat pertumbuhan E. coli.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Kurma bagi Ibu Hamil

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun bawang yang lainnya adalah penting untuk produksi rhodopsin atau protein. Kemudian tanaman berwarna hijau ini juga mengandung vitamin A yang mana baik dalam menjaga kesehatan mata.

Zat Rhodopsin ini sangat penting bagi retina untiuk menyerap lebih banyak cahaya dan mencegah terjadinya rabun senja.

Kemudian efek zat ini juga dapat membantu mempertajam penglihatan guna mencegah masalah pada mata seperti salah satunya adalah katarak.

4. Dapat Menguatkan Tulang

Dalam daun bawang ini mengandung vitamin K yang dapat memperkuat tulang. Kemudian vitamin K ini juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memproduksi protein dalam menjaga kalsium dan kepadatan tulang.

Claudia