blank
Proses pendaftaran dan kelengkapan berkas calon Panwascam Kota Semarang dipantau juga oleh Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman, di Bawaslu Kota Semarang, Jalan Taman Brotojoyo, Semarang Utara Kota Semarang, Selasa (27/9/2022). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Antusiasme pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) masyarakat Kota Semarang tinggi, ada 229 pendaftar dan sebaran terbanyak ada di Kecamatan Genuk dengan 20 pendaftar hingga Selasa siang pukul 13.30 WIB (27/9/2022).

Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang Arief Rahman, pendaftaran Panwascam yang dibuka mulai Rabu (21/9/2022) lalu, jumlah pendaftar terbanyak kedua di Kecamatan Tembalang dengan 19 orang pendaftar dan paling sedikit ada si Kecamatan Tugu dengan 5 pendaftar.

“Ya kita update terus ya, karena pendaftaran ditutup masih jam 5 Sore (17.00 WIB) nanti. Mungkin jumlah itu masih bisa bertambah lagi dan bisa saja akan terpenuhi kebutuhan pendaftar calon Panwascam. Karena antusiasme pendaftar Alhamdulillah baik, tiap hari progresnya terus meningkat,” ujarnya di Kantor Bawaslu Kota Semarang Jalan Taman Brotojoyo Semarang Utara, Kota Semarang, Selasa (27/9/2022).

Dari jumlah pendaftar sebanyak itu, lanjutnya, ada 6 kecamatan yang masih belum memenuhi keterwakilan perempuan sebesar 30 persen pendaftar, sehingga berpotensi untuk dibuka kembali perpanjangan pendaftaran.

“Ke enam kecamatan yang masih belum memenuhi keterwakilan perempuan berada di Kecamatan Ngaliyan, Semarang Barat, Gajahmungkur, Banyumanik, Tembalang dan Genuk. Itu update data kemarin (per 26 September 2022). Kalau hari ini belum bisa memberikan informasi yang pasti, karena hari ini pendaftaran masih progres,” tuturnya.

Disampaikan juga oleh Arief, perpanjangan pendaftaran bisa dibuka lagi jika ada beberapa syarat yang belum terpenuhi. Seperti jumlah syarat pendaftar yang berjumlah dua kali kebutuhan masih belum terpenuhi, lalu belum ada 30 persen dari jumlah pendaftar keterwakilan perempuan terpenuhinya atau kedua syarat itu sama sekali belum terpenuhi semuanya.

“Seperti di Kecamatan Tugu, para pendaftar keterwakilan perempuan sudah terpenuhi, tapi jumlah pendaftar yang dibutuhkan masih kurang. Sedang di 6 kecamatan tadi belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan, itu jelas perlu dibuka lagi perpanjangan pendaftaran. Tapi jika hari ini nanti semuanya sudah terpenuhi ya tidak ada lagi perpanjangan pendaftaran,” paparnya.

Jika sampai perpanjangan pendaftaran dilakukan, imbuh Arief, maka akan dibuka mulai tanggal 2-8 September 2022 dan tes tertulis dilakukan tanggal 14-16 Oktober 2022 dan tes wawancara tanggal 18-22 Oktober 2022, sedang untuk pengumuman diterimanya 3 anggota Panwascam awal bulan November 2022 mendatang.

Absa