blank
Ilustrasi tanaman sirih cina. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun sirih cina atau dalam nama latin disebut (Peperomia pellucida) merupakan suatu tanaman semak yang biasanya tumbuh di daerah tanah yang lembab. Sekilas daun sirih cina ini tampak seperti bayam namun lebih mengkilap dengan batang tanaman yang berair.

Dilansir dari Suara.com pada Selasa (27/9/2022), Sebagian orang hanya menganggap bahwa sirih cina ini sebagai rumput biasa, atau bahkan hama yang mengganggu.

Padahal berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa daun sirih cina ini memiliki manfaat potensi bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tersebut? Simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Bermanfaat untuk Orang Lain, Istri CEO Marifood Pasarkan Lisabon Melalui Online

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bagi orang yang memiliki masalah dengan pertumbuhan rambut, maka daun sirih cina dapat menjadi salah satu solusinya.

Berdasarkan studi praklinis dari World Journal of Advanced Research and Reviews, menjelaskan bahwa daun sirih cina yang diolah menjadi gel dan dioleskan pada kulit kepala selama dua kali sehari dapat mempercepat penumbuhan rambut karena mengandung senyawa etanol.

2. Mempercepat Penyembuhan Penyakit Mata

Sebuah studi dari Journal of Integrative Medicine menemukan fakta bahwa daun sirih cina memiliki berbagai senyawa bioaktif seperti caryophyllene, carotol, dillapiole, pellucid in A, phytol, dan vitexin.

Baca Juga: Tiga Manfaat Susu Low Fat Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai senyawa yang terkandung dalam sirih cina ini merupakan golongan antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit mata dari konjungtivis serta katarak.

3. Pereda Nyeri

Daun sirih cina juga berpotensi menjadi pereda nyeri atau analgesik dari berbagai senyawa bioaktif yang terkandung didalamnya. Penelitian dari jurnal Fitoterapia menjelaskan bahwa reaksi analgesik daun sirih cina ini sebanding dengan reaksi pada saat mengonsumsi obat aspirin.

4. Membantu Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Jika anda memiliki masalah dengan gula darah dan kolesterol, maka sirih cina juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Info ini diperkuat dengan sebuah studi praklinis dari Journal of Acute Disease, yang menjelaskan bahwa ekstrak sirih cina memiliki sifat antidiabetik dan anti inflamasi yang dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol total, trigliserida, serta LDL atau lemak jahat dalam jumlah signifikan.

Baca Juga: Manfaatkan Ampas Tebu dan Kontainer Bekas, Mahasiswa UNS Raih Juara Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional

5. Mengatasi Jerawat

Daun sirih cina juga memiliki manfaat dalam mengatasi jerawat yang meradang. Anda dapat mengolah sirih cina ini menjadi masker wajah dengan ditumbuk sampai halus dan langsung dioleskan ke wajah. Lakukan perawatan ini selama kurang lebih 7 hari dan rasakan perbedaannya.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Penelitian dari National Institutes of Health menjelaskan bahwa daun sirih cina dapat menjadi agen imunostimulator alami yang menjadi substansi untuk meningkatkan aktivitas komponen sistem imun dalam melawan penyakit.

Claudia