blank
Buah kurma yang banyak bermanfaat untuk ibu hamil. Foto: Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seorang ibu yang sedang hamil, sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Makanan sehat dan bergizi banyak macamnya, salah satunya adalah buah kurma. Buah yang satu ini menurut penelitian telah terbukti bagus dikonsumsi ibu hamil.

Jika ibu hamil rutin mengkonsumsi buah kurma pada jumlah porsi yang telah ditentukan, dapat mengurangi induksi saat proses persalinan.

Dilansir dari Suara.com (Prenagen), dalam 100 gram buah kurma terdapat kandungan energi kurang lebih 280 kkal, 2.45 gram protein, dan 8 gram serat.

Dalam buah kurma juga terkandung beberapa zat diantaranya kalium, tembaga, mangan dan magnesium. Berikut ini adalah manfaat buah kurma bagi ibu hamil,

1. Baik dalam merangsang saraf

Buah kurma ini mengandung kalium yang mempunyai manfaat dalam meningkatkan rangsang pada saraf. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kurma secara rutin bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat.

Sehingga buah kurma ini sangat baik untuk menutrisi janin yang terdapat dalam kandungan ibu hamil.

2. Membantu dalam pembentukan gigi

Tidak hanya memperkuat tulang, buah kurma juga dapat membantu pembentukan gigi pada janin. Dalam buah kurma terkandung zat kalsium yang dapat merangsang proses pertumbuhan gigi pada janin ibu hamil.

3. Dapat mengatasi anemia

Dalam buah kurma mengandung gula alami yang dapat dijadikan energi, selain itu juga bisa mengatasi anemia. Diketahui bahwa kekurangan darah atau anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Namun gejala anemia ini dapat diatasi dengan cara menambahkan asupan gula misalnya dalam buah kurma ini yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Dapat memberi energi

Salah satu manfaat buah kurma bagi ibu hamil adalah mampu menambah energi.

Hal ini karena saat hamil ibu membutuhkan banyak energi dan bisa diperoleh dengan cara makan buah kurma.

Karena buah kurma mengandung glukosa yang baik bagi tubuh dan memberikan energi pada tubuh yang sedang beraktivitas.

Itu tadi, empat manfaat buah kurma bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Ning Suparningsih