blank
ilustrasi biji Chea Seed. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin kamu tidak asing dengan biji selasih yang biasanya dijadikan campuran dalam berbagai menu minuman, salah satunya es campur.

Kemudian, biji selasih ini biasanya sering dikira sama dengan chia seed padahal keduanya berbeda, dimana biji selasih ini didapatkan dari tanaman selasih yang masih satu keluarga dengan daun kemangi.

Dilansir dari Suara.com, kedua jenis biji-bijian di atas akan mengembang apabila disiram dengan air dan teksturnya kenyal. Chia seed dan biji selasih keduanya mempunyai kandungan serat, asam lemak omega-3, protein, mineral, dan antioksidan.

Dirangkum dari klikdokter, berikut ini adalah tiga manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

1. Kaya Mineral dan Tinggi Zat Besi

Dalam satu sendok makan biji selasih ini terdapat 15 persen kalsium dan sekitar 10 persen magnesium atau besi. Kamu perlu tahu bahwa kalsium dan magnesium ini sangat penting bagi kesehatan tulang serta fungsi otot. Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi biji selasih hal ini dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan dua mineral itu.

Selain itu dalam biji selasih ini juga mengandung zat besi yang sangat penting dalam memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, biji yang berwarna hitam ini juga merupakan sumber zat besi dan kalsium bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging atau produk susu.

2. Baik untuk Kesehatan Usus

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pektin memiliki manfaat sebagai prebiotik. Hal ini berarti bahwa kandungan pektin di dalam biji selasih dapat memelihara dan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Selain itu, biji selasih ini juga mempunyai efek yang dapat mengeluarkan gas dalam usus secara berlebihan dan dapat meminimalisir efek kram perut dan konstipasi.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol

Adapun manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Pasalnya, pektin ini dapat bekerja dengan menghambat penyerapan zat kolesterol di dalam usus.

Perlu diketahui bahwa bagi kamu yang mengonsumsi biji selasih sebanyak 30 gram atau 7 sendok teh setiap hari maka dalam 1 bulan maka kolesterol dapat turun hingga 8 persen.

Demikianlah tadi tiga manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Claudia