blank
Ilustrasi belimbing wuluh. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Siapa yang tidak kenal dengan tanaman belimbing wuluh? Tanaman yang memiliki buah yang unik ini ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan, seperti dilansir dari Suara.com Pada Senin (12/9/2022).

Ciri-Ciri Tanaman Belimbing Wuluh

Tanaman yang memiliki nama spesies Averrhoa bilimbi Linn. ini memiliki ciri-ciri yaitu permukaan batang bergelombang tidak merata, cenderung kasar, dan berdiameter kurang lebih 30cm.

Cabang muda dari tanaman ini biasanya berwarna coklat muda dengan rambut halus seperti beledru. Tipe daun dari tanaman belimbing wuluh adalah daun majemuk menyirip dengan jumlah ganjil. Buah belimbing wuluh memiliki rasa asam, berwarna hijau cerah ketika muda, dan berubah menjadi hijau kekuningan ketika tua.

Baca Juga: Manfaat Kandungan Gizi dari Mengonsumsi Ikan Kakap

Kandungan Kimia Tanaman Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki banyak kandungan kimia yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Tidak hanya bagian buahnya saja, batang dan daunnya juga mengandung beberapa senyawa kimia. Berdasarkan sumber dari buku berjudul Toga Indonesia yang ditulis oleh Wahyuni dkk. tahun 2016, batang belimbing wuluh mengandung saponin, tanin, glikosida, asam format, dan sulfur.

Sedangkan pada bagian daun mengandung tanin, saponin, asam format, kalsium oksalat, dan kalium sitrat. Buah tanaman ini mengandung senyawa flavonoid, asam oksalat, saponin, pektin, serta senyawa fenol. Flavonoid sendiri merupakan senyawa fenol yang yang dimiliki oleh sebagian besar tanaman.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Belimbing Wuluh

Sejak zaman dahulu, banyak masyarakat yang memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati atau menjaga kesehatan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua bagian dari tanaman belimbing wuluh memiliki khasiat, mulai dari bunga, buah, daun, hingga batangnya.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Kurma bagi Ibu Hamil

Belimbing wuluh juga sering dijadikan sebagai penyedap masakan untuk memberi sensasi rasa asam. Berdasarkan sumber dari Jurnal Pendidikan Tata Boga dan Teknologi yang ditulis oleh Insan pada tahun 2020, beberapa khasiat dari tanaman belimbing wuluh terhadap kesehatan tubuh antara lain buahnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kolesterol, asam urat, batuk, bahkan jerawat. Daun tanaman ini memiliki kandungan senyawa flavonoid yang mampu berperan sebagai antioksidan dan antidiabetes.

Sedangkan untuk bagian bunga, tanaman ini memiliki potensi untuk dijadikan obat demam tifoid yang merupakan salah satu penyakit pada saluran pencernaan tubuh. Hal ini karena bunga belimbing wuluh mengandung senyawa antimikroba terhadap bakteri Salmonella thyphi penyebab demam tifoid.

Ternyata belimbing wuluh memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang kesehatan. Kamu sendiri pernah mengkonsumsi buah yang satu ini?

Claudia