blank
Ilustrasi Ikan kakap merah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik selain daging sapi ataupun daging ayam. Ada banyak jenis ikan yang bernutrisi tinggi dan berprotein baik bagi kesehatan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dari gizi pada ikan kakap. Jenis ikan ini cukup disukai dan laris di pasaran. Berikut penjelasannya yang dirangkum dari laman hellosehat.com.

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (8/09/2022), Ikan ini berasal dari perairan laut dalam dan memiliki kandungan nutrisi dengan manfaat yang banyak.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Sampah Organik, Lapas Klaten Produksi Pakan Ulat Magot

Manfaat dari kandungan gizi ikan kakap. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat sebanyak 20,51 gr protein. Ikan ini menjadi sumber zat gizi protein dengan jumlah kalori rendah, sehingga aman bagi kamu yang sedang diet sehat.

Selain itu, ikan ini juga mengandung nutrisi sebagai berikut.

1. Lemak baik

Konsumsi ikan kakap tidak akan membuat lemak total di dalam tubuh melonjak. Karena, ikan ini memiliki lemak yang baik, yakni lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh yang terkandung pada ikan ini memiliki manfaat membantu menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk tubuh. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat 0,31 gram asam lemak omega-3.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Kurma bagi Ibu Hamil

2. Mineral

Ikan kakap memiliki banyak kandungan mineral. Dalam 100 gram ikan kakap, terdapat kandungan mineral sebagai berikut.

Fosfor 198 mg (miligram)
Kalsium 32 mg
Zinc 0,36 mg
Zat besi 0,18 mg
Mineral-mineral yang terkandung dalam ikan kakap memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh, tapi sebagian besar mineral tersebut berperan dalam pertumbuhan serta perkembangan sel tubuh.

3. Vitamin

Selain kaya akan mineral, ikan ini juga mengandung sejumlah vitamin. Berikut vitamin yang terkandung dalam 100 gram ikan kakap.

Vitamin A : 106 IU (Satuan Internasional Unit)
Vitamin D : 408 IU
Tak hanya itu, ikan ini juga mengandung berbagai vitamin B kompleks, seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), hingga vitamin B9 (folat).

Nah, vitamin B kompleks sendiri telah terbukti baik bagi kesehatan otak. Sedangkan, vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata dan vitamin D yakni penentu kesehatan tulang.

Claudia