blank
Ilustrasi buah markisa. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah markisa memiliki rasa asam, manis dan menyegarkan dan juga lezat rasanya. Umumnya ada dua buah jenis markisa yang bisa ditemukan di negara kita yakni markisa ungu (Passiflora edulis) dan markisa kuning (Passiflora flavicarpa).

Dilansir dari Suara.com, dimana buah markisa yang warnanya ungu ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan rasanya manis daripada markisa kuning.

Dalam buah markisa terdapat banyak nutrisi di antaranya vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, protein, serat, zat besi, dan kalium.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Kemudian buah ini juga mengandung antioksidan dan senyawa penting lainnya seperti riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dirangkum dari alodokter, berikut ini adalah manfaat buah markisa untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Dapat menangkal radikal bebas

Dalam buah markisa mengandung zat antioksidan seperti polifenol, flavonoid, vitamin C, dan piceatannol yang mana zat ini dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Baca Juga: Manfaat Kandungan Gizi dari Mengonsumsi Ikan Kakap

Perlu diketahui bahwa bahaya radikal bebas yang berlebihan dan terjadi dalam waktu yang lama di dalam tubuh, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker.

2. Menjaga kadar gula darah tetap stabil

Buah markisa juga dikenal dapat menjaga kadar gula darah hal ini karena mempunyai indeks glikemik rendah. Kemudian, kandungan antioksidan dan nutrisi dalam buah ini juga bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Dimana dalam sebuah studi ada yang menyebutkan bahwa ekstrak buah markisa dapat meningkatkan kinerja hormon insulin mengendalikan gula darah dan juga dapat mencegah diabetes.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Kurma bagi Ibu Hamil

3. Baik untuk sistem pencernaan

Buah yang lezat ini juga mempunyai kandungan serat yang tinggi dimana ada sekitar 2 gram serat di dalamnya. Dengan ini buah markisa dapat mencegah dan melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit.

4. Baik untuk daya tahan tubuh

Adanya kandungan antioksidan beta karoten dan polifenol di dalam buah markisa dapat memperkuat daya tahan tubuh atau imunitas.

Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah ini kita tidak mudah terserang penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Begitu juga dengan kandungan vitamin C di dalamnya juga sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh.

Demikianlah empat manfaat buah markisa untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Claudia