blank
Ilustrasi bawang bombay yang kaya antioksidan. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bawang bombay adalah bawang yang memiliki ukuran lebih besar dari bawang pada umumnya. Tak hanya digunakan untuk penyedap rasa, bawang jenis ini juga mengandung beragam nutrisi dan gizi yang menyehatkan tubuh.

Bawang yang satu ini juga sangat bisa menggantikan bawang merah. Teksturnya pun mirip dengan bawang merah. Bawang bombay punya rasa yang manis.

Bawang bombai juga memiliki kandungan flavonoid yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi. Jadi saat mengonsumsi bawang bombai secara teratur dalam jumlah yang cukup, tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan diabetes.

Baca Juga: Memiliki Khasiat yang Besar Bagi Ginjal, Ini 5 Manfaat Lemongrass Bagi Kesehatan

Dirangkum dari hellosehat.com berikut adalah 5 manfaat bawang bombay bagi kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi bawang bombay adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Khasiat ini berasal dari adanya kandungan polifenol dalam bawang bombay yang berperan sebagai antioksidan.

Tak hanya itu, terdapat juga kandungan quercetin dalam rempah ini yang mampu mengurangi reaksi alergi dengan cara menghentikan produksi histamin dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa histamin adalah senyawa pemicu alergi yang membuat seseorang bersin-bersin atau gatal-gatal.

2. Menjaga suasana hati

Mengkonsumsi bawang bombay secara tidak langsung akan menjaga mood atau suasana hati lebih baik. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari stres, memiliki siklus tidur yang lebih baik, dan nafsu makan lebih teratur.

Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan folat dalam bawang bombay yang mampu mengurangi terbentuknya homosistein. Homosistein adalah senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak secara optimal.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Sembelit, Ini 4 Manfaat Kuaci Bagi Ibu Hamil yang Tak Boleh Terlewat

3. Memelihara kesehatan jantung

Kalium dalam bawang bombay memiliki efek penurun tekanan darah. Sementara itu, kandungan quercetin akan membantu kalium dalam menjaga tekanan darah tetap normal dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Memelihara fungsi sistem cerna

Bawang bombay mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan demikian, mengkonsumsi bawang bombay akan membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Menariknya, serat dalam rempah ini adalah serat larut oligofructose yang mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus. Selain itu, kandungan ini juga berguna untuk mencegah datangnya sembelit.

5. Mencegah kanker

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi bawang bombay adalah membantu mencegah kanker. Khasiat ini berasal dari kandungan organosulfur yang berperan penting dalam mencegah pembentukan radikal bebas di dalam tubuh.

Tak hanya itu, bawang bombay juga kaya akan quercetin, vitamin C, dan antioksidan. Yang mana masing-masing kandungan tersebut memiliki efek penangkal radikal bebas dan antikanker.

Itulah tadi 5 manfaat bawang bombay bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Claudia