blank
Ilustrasi biji matahari (kuaci). Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kuaci atau Kwaci adalah camilan berupa biji semangka, biji waluh, atau biji bunga matahari yang dikeringkan dan diasinkan. Proses penyangraian memberikan aroma sedap, dan penambahan garam memberikan rasa gurih dan meningkatkan daya awet.

Kuaci atau biji bunga matahari mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat kuaci di antaranya mengurangi peradangan, mengelola diabetes, hingga meningkatkan kesehatan kulit dan tulang.

Kuaci bunga matahari berasal dari bagian biji bunga yang telah melalui proses pengeringan dan diasinkan. Kuaci cocok dikonsumsi sambil bersantai maupun saat bekerja.

Baca Juga: Dapat Mengurangi Rasa Lapar, 4 Manfaat Kacang Almond

Selain gurih, kuaci bunga matahari juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, lho. Melansir dari laman Alodokter, ada beberapa manfaat kuaci bagi ibu hamil yang tidak boleh diremehkan. Berikut ini penjelasannya.

1. Baik untuk Perkembangan Janin

Kuaci bunga matahari mengandung asam folat yang dibutuhkan ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Asam folat berperan untuk memaksimalkan perkembangan otak bayi. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan folat yang terdapat pada berbagai makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, mengonsumsi kuaci bunga mataharis ebagai camilan dapat membantu memenuhi kebutuhan folat pada ibu hamil.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat kuaci bunga matahari adalah dapat meningkatkan sistem imun pada ibu hamil. Kuaci mengandung vitamin A, C, E, selenium dan zinc. Kombinasi tersebut berperan dalam melawan segala macam penyakit yang bisa menyerang ibu hamil selama masa kehamilan.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Fungsi Otak, Lima Manfaat Susu Bagi Kesehatan

3. Mengatasi Sembelit

Kandungan yang tak kalah penting dalam kuaci adalah serat. Serat berperan dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit yang umum dialami oleh ibu hamil.

Kandungan serat yang tinggi dalam kuaci dapat membantu mencegah sembelit selama masa kahmilan. Oleh karena itu, ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi kuaci dalam jumlah yang cukup.

4. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi kuaci dapat membantu mengintrol atau mengatasi masalah kenaikan berat badan pada ibu hamil. Mengalami penambahan berat badan pada ibu hamil memang hal yang wajar.

Akan tetapi, bila tidak dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat selama kehamilan justru dapat memicu obesitas. Untuk mengatasi hal itu, ibu hamil bisa mengonsumsi kuaci sebagai camilan sehat selama masa kehamilan.

Nah, itu dia beberapa manfaat kuaci bunga matahari bagi ibu hamil yang tidak boleh disepelekan. Meskipun begitu, mengonsumsi kuaci secara berlebihan juga tidak dianjurkan ya.

Claudia