ilustasi bawang merah yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kulit bawang merah atau dengan nama lain Allium ascalonicum L. merupakan bagian terluar yang melapisi umbi bawang merah. Kulit bawang merah termasuk limbah yang dihasilkan dari bawang merah.

Dalam jurnal yang dipublikasi pada 2022, disebutkan bahwa sifat dari kulit bawang merah itu sendiri kaya senyawa bioaktif dan fitokimia yang baik, mengutip Science Direct. Antara lain, fenolat, flavonoid, quercetin dan turunannya, serta antioksidan dan antimikroba.

Kulit bawang mengandung serat dan kaya antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Yuk Simak Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Kulit bawang juga dapat diolah menjadi aneka makanan seperti keripik bawang, teh bawang, bawang panggung dan lain sebagainya. Selain dapat diolah kembali, kulit bawang juga memiliki berbagai manfaat yaitu, Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Otak.

Kulit bawang kerap kali dianggap sebagai sesuatu yang tidak berguna atau limbah maupun sampah. Tidak jarang orang setelah mengupas bawang, akan langsung membuang kulitnya ke tempat sampah. Hal ini umumnya juga seringkali dilakukan oleh para pengusaha bawang goreng.

Baik bawang merah maupun bawang putih. Namun, ternyata kulit bawang yang dianggap tidak berguna memiliki beragam manfaat yang jarang diketahui. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat dari kulit bawang.

Baca Juga: Kaya akan Antioksidan, Yuk Simak 5 Manfaat Bawang Bombay

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kulit bawang yang seringkali dianggap limbah ternyata memiliki khasiat untuk mencegah risiko penyakit jantung. Melansir dari situs klikdokter.com, kulit bawang, khsususnya bawang merah memiliki kandungan flavonoid dan senyawa yang dikenal dengan nama quercetin yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Melansir dari artikel dalam jurnal “British Journal of Nutrition”, kandungan quercetin yang banyak terdapat di kulit bawang merah ternyata mampu menurunkan resiko peradangan pada pembulih darah yang berisiko menjadi penyebab dari penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada kulit bawang dipercaya dapat membantu peradangan usus atau saluran pencernaan.

2. Mampu Mengobati Jerawat dan Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit bawang ternyata juga dapat berperan sebagai obat anti jerawat. Melansir dari artikel jurnal berjudul “Therapeutic Uses and Pharmacological Properties of Shallot (Allium ascalonicum): A Systematic Review”, kulit bawang, khususnya bawang merah dan bawang bombai ternyata memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan dapat membantu penyembuhan jerawat. Selain itu, senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya dapat mencegah resiko iritasi akibat jerawat di wajah.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui

Selain sebagai obat jerawat, kulit bawang juga dapat mencerahkan kulit. Melansir dari jurnal “Food Technology & Biotechnology”, kandungan serat, protein, vitamin dan senyawa antioksidan yang terdapat di kulit bawang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit wajah sehingga membuat wajah lebih cerah.

3. Bahan Pestisida Organik

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kulit bawang ternyata dapat digunakan sebagai bahan pestisida atau anti hama alami. Melansir dari situs undip.ac.id, kulit bawang yang kaya akan kalium, sodium, folat dan beragam senyawa lainnya ternyata dapat digunakan sebagai pestisida alami yang tentunya ramah lingkungan.

Cara pembuatan pestisida dari kulit bawang ini cukup mudah. Siapkan kulit bawang merah sekitar 500 gram-1 kg lalu rendam di air steril selama 2-3 hari hingga air tersebut berubah warna.

Kamu bisa juga menambahkan sekitar 1-2 sendok makan gula untuk membantu proses fermentasi tersebut. Lalu, saring larutan rendaman kulit bawang tersebut dan pestisida organik dari kulit bawang siap untuk digunakan. Pestisida ini cukup ampuh untuk menghalau pertumbuhan jamur ataupun kutu tanaman.

Nah, itulah beberapa manfaat dari kulit bawang yang kerap kali dianggap sampah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia