blank
Ilustrasi ikan salmon yang dapat membuat kulit menjadi glowing. foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Setiap orang pasti menginginkan kulit yang glowing, apalagi para wanita yang sangat memperhatikan penampilan. Tidak heran, banyak orang yang rela menggeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli produk perawatan demi mendapatkan kulit yang halus dan cerah.

Namun apakah kamu sadar, kalau sebenarnya yang terpenting dari perawatan untuk mendapatkan kulit glowing justru mesti dimulai dari dalam, alias dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit yaitu, sayur-sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Berbagai pilihan buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu mencerahkan wajah secara alami serta melindungi kulit.

Baca Juga: Tips Makan Sayuran yang Baik Menurut Kadar Protein dan Vitamin

Konsumsi makanan sehat secara teratur, termasuk buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, teh hijau, yogurt dan kefir, serta dark chocolate, dapat membantu membuat kulitmu lebih sehat dan glowing. Jangan lupa untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat.

Mengutip eatthis, Dr. Fred Pescatore, MD, dokter, penulis, sekaligus pakar kesehatan alami menuturkan bahwa kondisi kulit bisa mencerminkan kesehatan kamu, dan menutrisi kulit dari dalam dan luar akan memberikan hasil yang optimal.

Penasaran asupan apa aja yang bagus buat kulit? Dilansir dari Suara.com, kamu bisa simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jenis makanan yang penting dikonsumsi untuk kulit glowing alami.

Baca Juga: Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Wajah dan Tips Penggunaanya Agar Hasil Maksimal

1. Tomat

Kamu sering mengalami masalah jerawat? Coba, deh, sering-sering konsumsi tomat. Menurut Dr. Marie Jhin, MD, dokter kulit bersertifikat di San Carlos, Californi, mengonsumsi makanan berbahan dasar tomat, seperti saus dan jus tomat dapat membantu menghilangkan jerawat, lho.

Khasiat ini disebabkan adanya kandungan likopen, yaitu fitokimia yang bikin tomat berwarna merah. Senyawa ini diketahui dapat membantu meningkatkan kekuatan kolagen dan melawan efek oksidasi sinar UV dengan menghilangkan radikal bebas yang dapat memicu penuaan kulit.

Khasiat tomat untuk kulit diperkuat oleh pernyataan dari Dr. Hadley King, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City. Menurutnya, meningkatkan konsumsi likopen memastikan kulit mengandung antioksidan yang dapat melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari serta membuat kulit jadi halus.

Baca Juga:Ini Makanan Alami agar Kulit Sehat dan Cantik

2. Wortel

Umumnya wortel terkenal sekali untuk kesehatan mata. Ternyata buat kulit bagus juga, lho. Dr. Purvisha Patel MD, dokter kulit bersertifikat di Visha Skincare di Germantown, Tennessee menyatakan bahwa wortel dan ubi jalar mengandung beta karoten (pelindung sinar matahari alami), dan juga kaya akan vitamin A, yang salah satu fungsinya memulihkan kolagen yang rusak.

3. Buah jeruk

Makanan untuk kulit glowing selanjutnya, yakni buah jeruk. Seperti diketahui, jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling terkenal, dan salah satu fungsinya bisa membuat kulit bercahaya, lho. Dr. Salge Blake merekomendasikan buah jeruk apa pun untuk meningkatkan asupan vitamin C kamu, baik itu lemon, jeruk nipis, jeruk bali, atau jeruk jenis lainnya. Yang penting buah jeruk!

4. Ikan salmon

Gak hanya buah atau sayur, lho, yang bisa membuat kulit jadi glowing. Konsumsi jenis protein hewani seperti ikan salmon pun ternyata sangat bagus untuk kesehatan kulit. Diketahui, ikan salmon kaya dengan lemak sehat, yakni asam lemak omega-3. Menurut Dr. King, untuk melindungi kulit diperlukan asupan lemak sehat yang cukup.

Gimana, dari beberapa asupan untuk kulit glowing yang telah disebutkan tadi apakah ada makanan favoritmu? Semoga bermanfaat.