blank
Ilustrasi buah aprikot. Foto: Dok/Pixabay.com/LUM3N

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selain skincare, ada makanan alami yang bisa kamu konsumsi agar kulit selalu sehat, cantik luar maupun dalam.

Pasalnya, tubuh juga membutuhkan makanan alami agar kulit selalu sehat, sehingga terlihat awet muda. Sayangnya tidak banyak masyarakat yang mengetahui makanan seperti apa yang baik untuk kulit.

Dilansir dari Suara.com (menurut SKINFOOD Indonesia Managing Director, Iswandy Lim), makanan alami kulit umumnya mengandung vitamin, mineral dan antioksidan agar tubuh bisa menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit.

“Bagi kami, makanan adalah sebuah kebutuhan dasar yang berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan kulit,” ujar Iswandy dalam keterangannya pada Senin (22/5/2023).

Berikut ini ada 5 makanan alami agar kulit kamu sehat menurut Iswandy.

1. Black sugar

Black sugar kaya mineral dan vitamin untuk memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit. Kandungan ini sudah dikenal efektif untuk eksfoliasi kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo hitam atau blackheads.

2. Ekstrak black bee propolis

Lebah hitam Provence dikenal sebagai penghasil madu berkualitas. Di balik sengatan tajamnya, lebah Provence menghasilkan ekstrak black bee propolis, yang diproses melalui lactic acid fermentation selama 72 jam dan kemudian disimpan dalam ruangan bersuhu rendah.

3. Buah aprikot

Dibalik rasanya yang manis, buah aprikot baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit, mengurangi komedo, hingga mampu melawan eksim yang sering menjadi masalah kulit sensitif.

4. Buah berry

Berry jadi makanan di kalangan kerajaan, karena dipercaya bisa membantu agar kulit tetap awet muda. Kini makin banyak ahli menemukan berry mengandung antioksidan 4 kali lipat lebih banyak dari buah lainnya.

Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dalam buah berry dapat mengoptimalkan perawatan wajah untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Beberapa bahan aktif dalam berry juga berfungsi mengontrol produksi minyak, mengatasi jerawat hingga kulit kusam.

5. Buah wortel

Umumnya wortel dikenal bagus untuk kesehatan mata, padahal kandungan vitamin C di wortel juga melembabkan dan mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan pada wortel juga mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Senyawa beta karoten dan karotenoid pada wortel mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV A. Senyawa tersebut juga bisa memperbaiki kulit dari kerusakan akibat efek buruk paparan sinar matahari.

Ning S