blank
Edgar Xavier Marvello sukses meraih medali perak di cabang olahraga Wushu. Foto: nocindonesia

HANGZHOU (SUARABARU.ID)– Kontingen Indonesia kembali menambah perolehan medali, dari cabang olahraga wushu, di ajang Asian Games 2022, Hangzhou, Cina, melalui Edgar Xavier Marvello. Dia berhasil meraih medali perak, saat tampil di XSG Sport Center, Minggu (24/9/2023).

Edgar yang tampil usai operasi itu, mendapatkan skor 9,786 dari juri. Dia kalah dari wakil tuan rumah Cina, Sun Peiyuan, yang meraih skor 9,840. Urutan ketika direbut wakil Macau, Song Chi Kuan dengan skor 9,760.

”Kita bersyukur membuka pertandingan wushu ini dengan medali perak. Edgar bermain luar biasa, dengan semangat tinggi. Tentunya ini jadi motivasi untuk atlet yang lain,” kata Ngatino, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia, yang menyaksikan langsung perjuangan Edgar.

BACA JUGA: Cabor Dayung Sumbang Perunggu Pertama untuk Indonesia di Asian Games 2022

Menurut dia, pada penampilannya di Asian Games 2022 Hangzhou kali ini, Edgar tidak hanya berjuang melawan musuh-musuhnya di arena pertandingan. Tapi Edgar yang juga peraih medali emas di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu, juga berjuang melawan kondisi kesehatannya sendiri.

”Dia sudah berjuang, walaupun dengan kondisi kesehatannya yang akhir-akhir ini mengkhawatirkan, karena baru operasi di pinggang. Ini tentu berkat semangat sang atlet, sehingga itu bisa dilalui,” ujar Ngatino, seperti dikutip dari lama resmi KOI, Senin (25/9/2023).

Diungkapkan dia, semua pengurus yang mendampinginya sempat khawatir dengan kondisi Edgar. Tetapi mereka bersyukur, ini bisa dilalui dengan baik. Ngatino pun optimistis, wushu masih akan membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medali buat Tim Indonesia.

BACA JUGA: Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar, Tempati Peringkat Ketiga Terbaik

”Kita harapkan semua harus maksimal, semua harus punya peluang. Tidak melihat lawannya siapa, karena kita tidak tahu di lapangan apa yang akan terjadi,” tukas Ngatino.

Sebelumnya, Kontingen Indonesia sudah mendapatkan medali pertama dari cabor dayung nomor Rowing, yang meraih perunggu.

Riyan