Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri (kiri), berada di podium ketiga, setelah meraih medali perak cabor dayung Kelas Rowing Nomor Lightweight Women Double Sculls, di Asian Games 2022. Foto: nocindonesia

HANGZHOU (SUARABARU.ID)– Kontingen Indonesia sukses meraih medali pertamanya di ajang Asian Games 2022, yang digelar di Hangzhou, Cina. Rowing menjadi cabang olahraga yang mampu menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia.

Dari nomor Lightweight Women Double Sculls, pedayung Merah Putih, Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri, berhasil meraih medali perunggu usai mencatatkan waktu 7 menit 17,64 detik, usai mendayung sejauh 2.000 meter. Untuk medali emas diraih wakil Cina dan perak direbut Uzbekistan.

”Untuk Chelsea dan Mutiara, hasil ini sudah sesuai harapan. Kali ini mereka bisa menang dari awal, mereka tidak terburu-buru dan menerapkan irama-irama yang sudah dilatih. Jepang dan Iran saling mengalahkan, waktu finish-nya tipis,” kata Budiman Setiawan, Manajer Timnas Rowing, usai upacara pengalungan medali.

BACA JUGA: Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar, Tempati Peringkat Ketiga Terbaik

Seperti dilansir dari laman resmi KOI, Senin (25/9/2023), tim rowing Indonesia masih membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medalinya. Masih ada nomor Mens Double Scull, Mens Pair dan Mens Eight, yang finalnya akan dilombakan Senin (25/9/2023) ini.

”Hari ini masih ada beberapa final. Mudah-mudahan bisa tambah medali,” ujarnya lagi.

Sekadar informasi, Asian Games 2022 berlangsung pada 23 September-8 Oktober 2023. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official partners, Wall’s Ice Cream, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudang Kripto, Bagasi, Pocari Sweat, dan Essenza.

Riyan