blank
Pemandangan eksotik rumah penduduk dengan cat warna-warni di Nepal van Java. Foto: Widiyartono R.

ADA yang sering dimirip-miripkan dengan yang lain, agar orang kemudian menjadi tertarik. Orang berwajah mirip artis lalu diunggah ke media sosial, kemudian jadi viral. Setelah viral terkenal, apa pun bisa terjadi, termasuk datangnya rezeki.

Begitu pula tempat-tempat di Indonesia, sering dimiripkan dengan tempat lain di luar negeri. Misalnya Bandung sebagai Paris van Java. Semarang bahkan dulu pernah disebut Venice van Java. Dan, di Magelang ada suatu tempat yang disebut Nepal van Java.

Sebegitunyakah, sehingga tempat ini dimiripkan dengan Kawasan di Pegunungan Himalaya, di Nepal sana. Ya, tempat yang disebut Nepal van Java ini berada di kawasan lereng Gunung Sumbing Magelang, tepatnya di wilayah Dusun Butuh Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Lokasinya memang unik, berada di lereng, bahkan mungkin sudah merupakan punggung Gunung Sumbing. Dengan topografi yang tidak rata di lereng gunung ini, terdapat perkampungan. Karena topografi yang demikian, maka seakan rumah-rumah penduduk seperti bertingkat-tingkat.

Ketika kesadaran tentang pariwisata mulai tumbuh, dan warga menyadari bahwa pariwisata bisa memberikan peningkatan ekonomi, maka kreativitas pun muncul.

blank
Tukang ojek bisa melayani, mau jalan kaki di Nepal van Java juga silakan saja. Foto: Widiyartono R.

Rumah-rumah itu dicat dengan warna-warni, sehingga ketika dipandang dari bawah terlihat sangat indah. Kemudian seseorang datang, mengunggah gambar perkampungan di lereng gunung itu dengan caption “Nepal van Java”.

Meledaklah nama itu, dan viral, sehingga kemudian menjadi destinasi penting di Kabupaten Magelang. Pengunjung banyak yang penasaran, untuk membuktikan, apakah benar dusun itu mirip dengan rumah yang etrkesan bertingkat-tingkat seperti di Nepal sana.

Di saat liburan atau weekend biasa, banyak pengunjung yang datang. Tak hanya anak-anak muda, para orang tua pun banyak yang datang ke sini.

Terlebih bagi penggemar trekking dan mendaki gunung. Pendakian ke puncak Gunung Sumbing lewat basecamp Butuh juga ramai, terutama kalangan anak-anak sekolah.

Menuju Nepal van Java

Bagaimana bila Anda hendak berkunjung ke Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang yang dikenals ebagai Nepal van Java ini?

Anda bisa naik motor atau mobil. Bahkan mobil yang relatif besar pun ke sana, misalnya sejenis mikrobus Hi-Ace, Elf, dan semacamnya. Jalan menuju ke dusun ini pun relatif bagus, hanya memang tidak lebar, sehingga mesti sabar dan hati-hati.