blank
Ilustrasi buah pepaya. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Pepaya merupakan salah satu jenis buah buni. Kulit tipis, hijau atau kuning sebelum masak, kemudian kuning atau oranye saat buah masak. Bentuk, ukuran, dan rasanya bervariasi. Buah berongga di bagian dalam, warna oranye sampai kemerahan.

Pepaya mengandung sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Makan buah ini berarti menghindarkan diri dari kolesterol. Tambahkan semangkuk pepaya dalam diet harian Anda, maka dengan mengunyah buah lezat ini, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung.

Pepaya sering dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut setelah makan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa buah segar yang manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Langsung saja berikut ini manfaat buah pepaya yang telah dirangkum dari laman klikdokter.

Baca Juga:Terkenal dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Pepaya

1. Pencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan dalam buah pepaya dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker Hal ini berdasarkan beberapa hasil penelitian yang dilakukan.

Antioksidan likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko stres oksidatif penyebab kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan asupan pepaya yang efektif dalam pencegahan kanker.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat selanjutnya yang ada pada buah pepaya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa pepaya membantu mencegah penyakit jantung karena kaya akan likopen dan vitamin C. Tunggu apalagi, segera konsumsi buah ini untuk dapatkan manfaatnya.

Baca Juga:Taukah Kamu Biji Pepaya Memiliki Banyak Manfaat? Yuk Simak…

3. Mengurangi risiko peradangan

Peradangan kronis merupakan awal dari beberapa penyakit yang dapt membahayakan tubuh. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat mempercepat proses peradangan ini.

Nah, salah satu manfaat makan pepaya adalah mengurangi risiko peradangan ini. Studi menunjukkan bahwa makan buah-buahan yang tinggi karotenoid, seperti buah pepaya ternyata dapat berfungsi mengurangi risiko peradangan.

4. Mencegah berbagai permasalahan kulit

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan terutama pada kulit. Aktivitas radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kendur, kerutan berlebihan, dan kerusakan lainnya. Nah, vitamin C dan likopen dalam pepaya inilah yang melindungi kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga:Mau Bikin Sate Sapi Empuk Pakai Daun Pepaya? Simak Resep di Bawah Ini!

5. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Memang penyakit Alzheimer belum diketahui secara jelas akan tetapi, stres oksidatif diyakini berkontribusi pada perkembangan penyakit ini. Selain itu, ketidakseimbangan kadar antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh diyakini dapat merusak sel-sel otak.

Kemudian menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa produk pepaya yang difermentasi dapat mengurangi proses stres oksidatif pada pasien Alzheimer, sehingga memperlambat perkembangan penyakit secara cepat.

Tak hanya itu, manfaat buah pepaya segar dipercaya mirip dengan buah pepaya yang difermentasi. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.

Demikian ulasan mengenai buah pepaya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pepaya mengandung serat, folat, potasium, kalsium, magnesium, serta berbagai vitamin sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan pencegahan beberapa penyakit. Nikmati buah ini secara langsung untuk dapatkan beragam manfaatnya.

Claudia