blank
ilustrasi buah pepaya. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pepaya merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan sering dikonsumsi karena manfaat kesehatannya. Namun, yang sering terlupakan adalah biji buah pepaya yang ternyata juga memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan pencernaan kita.

Namun, ada pula yang tak peduli dan tetap menikmati buah berwarna oranye ini. Menariknya, biji dari buah pepaya ini bisa banget ditelan dan bahkan memiliki kandungan gizi yang melimpah.

Tidak berbeda jauh dengan daging buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik. Seperti yang mungkin kita tahu, asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Di sisi lain, Anda akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (konstipasi).

Dilansir dari Suara.com, berikut ini adalah enam manfaat biji buah pepaya yang perlu kamu ketahui. Simak penelusurannya.

1. Mengandung Serat yang Tinggi

Biji buah pepaya mengandung serat tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan gerakan usus, mencegah sembelit, dan menjaga keseimbangan mikroflora usus. Dengan mengonsumsi biji buah pepaya, kamu dapat menjaga pencernaan tetap lancar dan mencegah masalah pencernaan yang umum terjadi.

2. Antiinflamasi

Biji buah pepaya mengandung senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pencernaan. Manfaat antiinflamasi ini dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti radang usus, maag, dan sindrom iritasi usus.

3. Membantu Mencerna Protein

Enzim papain yang terdapat dalam biji buah pepaya dapat membantu memecah protein dalam makanan yang kita konsumsi. Ini memudahkan proses pencernaan protein dan membantu mengurangi beban kerja sistem pencernaan kita.

4. Mengobati Infeksi Usus

Biji buah pepaya mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan infeksi pada saluran pencernaan. Ini bisa membantu mengatasi masalah seperti infeksi bakteri, parasit, atau jamur yang seringkali menyebabkan gangguan pencernaan.

5. Detoksifikasi Alami

Biji buah pepaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang membantu membersihkan racun dalam sistem pencernaan. Senyawa-senyawa aktif dalam biji pepaya membantu menghilangkan racun dan zat berbahaya dari tubuh kita, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Tinggi Antioksidan

Biji buah pepaya mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti karotenoid dan vitamin C, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel pada saluran pencernaan dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker.

Ketika akan mengonsumsi biji buah pepaya, sebaiknya biji tersebut dikeringkan dan dihaluskan terlebih dahulu sebelum. Bisa juga mencampurkannya dengan makanan atau menambahkannya ke dalam minuman favorit. Namun, perlu diingat bahwa hindari mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Itulah beragam benefit mengonsumsi biji buah pepaya.

Claudia