blank
Ilustrasi daun pepaya yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun pepaya atau dengan nama lain Carica papaya L merupakan daun tunggal, berukuran besar, dan bercangap, juga mempunyai bagian-bagian daun lengkap. Umumnya, tanaman yang memiliki tulang daun menjari merupakan tanaman dengan biji terbelah atau dalam yang disebut dengan dicolyledoneae.

Daun pepaya mengandung serat dan senyawa unik yang disebut papain. Papain dikenal karena kemampuannya memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil, sehingga lebih mudah dicerna.

Daun pepaya tidak hanya menjadi bahan masakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Daun pepaya mengandung berbagai senyawa bioaktif yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Daripada dibuat penasaran, yuk disimak enam manfaat daun pepaya untuk kulit dan kecantikan.

1. Anti-penuaan dini

Daun pepaya mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melawan kerusakan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, dan garis halus pada kulit. Dengan mengonsumsi atau mengaplikasikan ekstrak daun pepaya pada kulit Anda, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, segar, dan awet muda.

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan enzim papain dalam daun pepaya memiliki efek pemutihan pada kulit. Enzim ini membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan noda hitam pada kulit. Dengan menggunakan masker atau krim yang mengandung ekstrak daun pepaya secara teratur, Anda dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi bintik-bintik gelap.

3. Mengobati Jerawat

Daun pepaya memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu mengatasi jerawat. Senyawa aktif dalam daun pepaya dapat membantu mengurangi peradangan, membersihkan pori-pori, dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Anda dapat membuat masker alami dengan menggunakan daun pepaya segar untuk mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.

4. Meregenerasi sel kulit mati

Enzim papain dalam daun pepaya juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang membantu menghilangkan sel kulit mati. Dengan mengaplikasikan ekstrak daun pepaya, ternyata dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Hal Ini akan memberikan kulit yang lebih cerah dan bercahaya.

5. Menyembuhkan luka

Daun pepaya mengandung senyawa yang memiliki efek penyembuhan luka. Kandungan enzim dan vitamin dalam daun pepaya membantu mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi kulit. Silahkan mengoleskan jus daun pepaya segar pada luka atau luka bakar supaya mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi.

6. Melindungi dari paparan sinar UV

Daun pepaya mengandung senyawa yang dapat memberikan perlindungan alami terhadap sinar UV yang disebut berbahaya. Kandungan antioksidan dalam daun pepaya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, seperti sunburn dan risiko kanker kulit. Meskipun ini bukan pengganti penggunaan tabir surya, tetapi mengonsumsi atau menggunakan produk perawatan kulit dengan ekstrak daun pepaya dapat memberikan perlindungan tambahan.

Meskipun memiliki banyak manfaat luar biasa, sebaiknya melakukan tes kepekaan sebelum diaplikasikan pada kulit. Jika memiliki kulit sensitif, jangan lupa untuk mengonsultasikan dengan dokter atau ahli perawatan kulit.

Demikianlah sejumlah segudang manfaat yang luar biasa daun pepaya untuk kesehatan kulit sebagaimana dijelaskan dengan apik di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine oleh S.Goyal Sharma, P.K. Chaudhary & N. Gautam. (2018).”Effect of Carica papaya leaf extract capsule on platelet count in patients of dengue fever with thrombocytopenia”.