blank
Ilustrasi tempe yang protein dan nutrisi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer, atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

Harga tempe yang tergolong murah dan kandu nutrisi yang tinggi membuat tempe menjadi favorit banyak orang. Bahkan bagi orang yang menjalani diet vegan dan vegetarian, tempe dijadikan sebagai bahan makanan pengganti daging.

Tempe termasuk makanan yang bergizi karena mengandung vitamin B12 dan merupakan sumber protein yang lengkap. Terdapat 9 asam amino esensial yang terkandung dalam tempe. Asam amino tersebut dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan otot. Tempe tidak mengandung kolesterol.

Baca Juga: Membuat Kulit Wajah Lebih Cantik, Ini 5 Manfaat Masker Susu unutuk Kecantikan

Tempe mengandung zat-zat antibakteri yang mampu mengatasi berbagai penyakit infeksi seperti diare dan Menjaga Kesehatan Jantung. Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung pada tempe mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan inflamasi dan oksidatif sehingga membuat jantung sehat.

Dilansir dari Suara.com selain memiliki kandungan protein yang tinggi, tempe juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Terdapat juga kandungan folat, mangan, seng, tembaga, riboflavin, dan vitamin B6. Dilansir dari Alodokter, berikut ini lima manfaat tempe bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Daya Ingat, Ini 5 Manfaat Buah Salak bagi Tubuh

1. Mengontrol Berat Badan

Kandungan protein yang tinggi dalam tempe dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga jika kamu mengonsumsi tempe maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Selain itu, tempe juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan kamu tidak akan mudah lapar. Oleh karena itu, tempe sangat bagus dijadikan menu diet karena dapat membantu mengontrol berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tempe diolah dari kedelai yang difermentasi, sehingga dalam tempe juga terdapat kandungan probiotik yang bagus untuk saluran pencernaan. Pasalnya, jumlah bakteri baik dalam usus akan meningkat dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Bahkan adanya bakteri baik dalam usus juga dapat meningkatkan imunitas, lho.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat selanjutnya tempe bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini berkat adanya kandungan isoflavon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Protein dalam tempe dinilai lebih efektif menurunkan kadar kolesterol dibandingkan protein hewani.

Baca Juga: Jadi Sumber Asam Float, Ini 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

4. Mencegah Osteoporosis

Selain tinggi protein, tempe juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Selain itu terdapat juga kandungan mineral seperti fosfor dan kalium. Adanya kandungan tersebut dapat membantu menguatkan tulang sehingga kamu dapat terhindar dari risiko osteoporosis.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat terakhir tempe bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini berkat adanya kandungan kalium dalam tempe. Kalium diketahui berfungsi untuk menghilangkan garam berlebih di dalam tubuh melalui urine. Sehingga kadar garam menurun dan tekanan darah juga dapat terkontrol.

Nah, itulah lima manfaat tempe bagi kesehatan tubuh. Meskipun tergolong makanan murah, namun tempe punya beragam khasiat bagi kesehatan.

Claudia