blank
Ilustrasi buah salak yang kaya vitamin. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Salak atau nama ilmiuahnya Salacca zalacca. Dalam bahasa Inggris disebut nake fruit. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Di samping sebutannya yang unik, buah ini ternyata memiliki banyak kandungan bermanfaat. Manfaat buah salak diketahui dapat memberi peningkatan pada imunitas tubuh.

Selain itu, manfaat salak juga diperoleh dari kandungan vitamin C di mana mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta bisa melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi.

Baca Juga:Jadi Sumber Asam Float, Ini 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Seperti diketahui bersama, buah salak ini mengandung nutrisi dan asam organik. Di antaranya seperti potasium, beta karoten, kalsium, protein, zat besi, Vitamin B2 dan Vitamin C.

Sebab banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, maka tak heran buah salak ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari laman website blendofbites.com, berikut ini ada 5 manfaat kesehatan dari buah salak.

1. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan beta karoten yang ada di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk penglihatan, dengan kata lain bahwa salak bisa menjadi obat alami bagi mata. Terlebih buah yang mengandung beta karoten mampu menjadi obat bagi gangguan penglihatan karena usia seperti katarak.

Baca Juga: Sering Digunakan Sebagai Bahan Kecantikan, Ini 5 Manfaat Mugwort bagi Kesehatan Kulit

2. Meningkatkan memori

Selain beta karoten, kandungan lain dalam buah ini adalah pektin dan potasium yang mana ketiganya bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Pasalnya, mengonsumsi salah mampu berefek pada aliran darah yang meningkat terhadap otak.

Manfaat lain dari buah ini yang masih berkaitan yaitu membantu menghilangkan stres oksidatif dan mengurangi risiko untuk terkena penyakit neurodegeneratif.

3. Membantu dalam manajemen berat badan

Buah salak ternyata memiliki kandungan serat makanan yang tinggi, di mana hal tersebut dapat mencegah seseorang untuk ngemil yang tidak perlu dan mencegah makan berlebihan karena memberi efek rasa kenyang. Buah ini juga membantu dalam menghilangkan kram, kembung, dan sembelit.

Karena hal tersebut, buah luar biasa ini bisa anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam daftar makanan program diet.

Baca Juga: Dapat Meredakan Gejala Rematik, Ini 5 Manfaat Tanaman Obat Kumis Kucing bagi Kesehatan

4. Mengontrol gula darah

Kabar baik untuk penderita diabetes, pasalnya buah salak ini menjadi salah satu yang aman untuk dikonsumsi. Karena buah ini selain kaya akan serat, juga ternyata membantu untuk mengontrol dan menyeimbangkan kadar gula darah.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika anda mengonsumsi buah salak sebanyak 100gr, maka hal itu sama dengan memenuhi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh sebesar 14% dalam sehari. Memiliki kandungan Vitamin C dalam tubuh yang tinggi mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena merupakan antioksidan yang kuat.

Itulah 5 manfaat dari buah salak yang luar biasa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Claudia