Ilustrasi tanaman mugwort. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Belakangan ini banyak produk kecantikan yang memilih mugwort sebagai salah satu kandungan di dalamnya. Mugwort atau dengan nama lain Artemisia vulgaris merupakan tanaman yang telah digunakan selama ribuan tahun.

Penggunaannya berkisar dari obat nyamuk dan sebagai bahan dalam alkohol hingga pilihan pengobatan untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk osteoartritis, kondisi pencernaan, dan kram menstruasi.

Mugwort bersifat antimikroba yang bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Perlu diketahui, masalah kulit biasanya disebabkan oleh bakteri. Contohnya saja jerawat, yang disebabkan bakteri Propionibacterium acnes. Infeksi bakteri dapat menghambat proses penyembuhan luka jerawat.

Baca Juga: Dapat Meredakan Gejala Rematik, Ini 5 Manfaat Tanaman Obat Kumis Kucing bagi Kesehatan

Selain digunakan sebagai tumbuhan yang bisa mengobati penyakit, mugwort terkenal di dunia kecantikan sebagai salah satu bahan yang bisa mengatasi permasalahan kulit. Itulah sebabnya jika mugwort banyak digunakan pada produk kecantikan, terlebih lagi pada produk skincare Korea.

Tanaman mugwort dinilai mengandung beberapa senyawa antibakteri, antiradang serta antijamur. Selain itu tanaman ini juga mengandung vitamin dan antioksidan yang bisa memperkuat lapisan pelindung kulit.

Melansir dari laman hellosehat serta klikdokter, inilah beberapa manfaat dari mugwort untuk kesehatan kulit.

1. Melembabkan wajah

Bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit yang kering, maka carilah kandungan skincare yang mangandung mugwort. Pasalnya mugwort mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Sehingga bisa menghidrasi kulit wajah dan mengatasi kulit yang kering.

Baca Juga: Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer, Ini 5 Manfaat Daun Kecombrang bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengatasi jerawat

Mugwort memiliki kandungan antibakteri serta antijamur. Sehingga kedua kandungan ini bisa membasmi perkembangan bakteri penyebab jerawat. Walaupun demikian, selain menggunakan produk skincare, penting juga mencegah jerawat melalui pola hidup sehat.

3. Meredakan gatal karena luka bakar

Pada masa pemulihan luka bakar, biasanya menimbulkan rasa gatal yang tak terhankan. Berdasarkan jurnal penelitian Rehabilitation Nursing Jurnal ditemukan bahwa lotion mugwort bisa meredakan rasa gatal yang dialami oleh penderita luka bakar.

4. Perkuat lapisan pelindung kulit

Kulit memiliki lapisan pelindung yang tersusun dari beberapa jenis protein seperti filaggrin dan loricrin. Jika produksinya menurun maka kulit akan menjadi lebih sensitif atau kering.

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa mugwort memiliki khasiat yang bisa melindungi kulit. Hal itu dikarenakan mugwort bisa mengaktifkan gen yang memproduksi filaggrin serta loricrin.

Baca Juga: Dapat Menurunkan Demam, Ini Manfaat Daun Sungkai bagi Kesehatan

5. Meredakan gatal

Penelitian menunjukkan jika memberikan lotion mugwort pada area yang gatal bisa meredakan rasa gatal tersebut. Selain meredakan gatal, pada kulit yang muncul ruam, mugwort bisa menenangkannya.

Itulah beberapa manfaat mugwort untuk kesehatan kulit. Meski mugwort memiliki khasiat dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit, sebelum menggunakannya ada baiknya melakukan tes alergi terlebih dahulu , ya.

Claudia