blank
Penyerahan hadiah pada pemenang lomba dalam rangka Hardiknas SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo. Foto : SB/dok Humas SMAKer

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo memberikan penghargaan dan hadiah pada siswa-siswinya yang meraih juara dalam berbagai perlombaan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, beberapa waktu lalu.

Guna memeriahkan peringatan Hardiknas tahun 2023 ini, SMA Negeri 1 Kertek menggelar berbagai aneka perlombaan yang diikuti peserta perwakilan masing-masing kelas. Lomba digelar di lingkungan sekolah dan berlangsung cukup meriah.

Kepala SMA Negeri 1 Kertek Retno Herwanti menyebutkan lomba yang diselenggarakan meliputi, cipta puisi, baca puisi, cipta cerpen, monolog, komik digital, solo vokal, pojok baca, menggambar dan numerik. Tiap cabang lomba diambil juara 1 hingga 3, penampil terbaik.

“Lomba diikuti siswa perwakilan masing-masing kelas. Bertindak sebagai dewan yuri yakni beberapa guru mata pelajaran terkait dengan cabang lomba. Selain untuk menggali bakat seni siswa, lomba digelar juga guna melatih kreatifitas siswa di bidang seni budaya dan tehnologi digital,” katanya.

Pemberian penghargaan bagi siswa pemenang lomba Harkitnas dibarengkan dengan acara pelepasan siswa-siswi Kelas XII. Acara tersebut dihadiri seluruh siswa Kelas XII, guru dan tenaga kependidikan serta orang tua murid.

Kepala SMA Negeri 1 Kertek bersyukur tahun ini berhasil dilepas 206 siswa dari program MIPA dan IPS untuk dikembalikan lagi ke orang tua masing-masing. Mereka yang telah lulus sebagian melanjutkan kuliah di PTN/PTS dan sebagian lagi memilih mencari kerja.

Mohon Maaf

blank
Para pemenang lomba dalam rangka Hardiknas di SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo foto bersama. Foto : SB/dok Humas SMAKer

“Kita berkumpul di sini untuk menjadi saksi hari istimewa bagi siswa Kelas XII yang telah lulus. Anak-anak telah melewati ujian, baik materi maupun ujian yang sifatnya menempa mental mereka. Seperti kedisiplinan, kreatifitas dan akhlakul karimah,” tegasnya.

Meski telah lulus sekolah tingkat SMA, lanjutnya, ujian belum berakhir dan harus melewati ujian berikutnya di perguruan tinggi bagi yang kuliah, di dunia kerja bagi yang bekerja atau ujian di masyarakat di mana siswa tinggal. Ujian pasti akan bisa dilewati dengan bekerja keras.

Menurut Retno, dari sebanyak 206 siswa yang lulus, 12 di antaranya diterima di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)) yang menggunakan nilai raport dan prestasi. Mereka diterima di Undip Semarang, Unnes, UNY, Unsoed Purwokerto dan Politehnik Negeri Semarang.

“Di luar yang diterima melalui jalur SNBP, dimungkinkan ada pula yang diterima melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya. Ada pula siswa yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) sesuai minat siswa yang bersangkutan,” jelasnya.

Dikatakan Retno, SMA Negeri 1 Kertek berkomitmen untuk menciptakan siswa yang berprestasi di bidang akademik, seni budaya dan olahraga. Kegiatan ektrakulikuler kepramukaan, seni-budaya dan olahraga jadi andalan pihak sekolah untuk melahirkan siswa-siswi berprestasi di setiap tahunnya.

Ketua Panitia Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kertek Maya Agustina dan perwakilan siswa Bagus Kurniawan menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang selama tiga tahun telah membimbing, mendidik, mengajar dan membina anak-anak dengan baik. Mohon maaf apabila selama ini ada kesalahan dan kekhilafan.

“Terima kasih pula kami sampaikan kepada semua orang tua yang telah bersusah payah membiayai sekolah dan tak henti-hentinya memanjatkan doa demi keberhasilan putra-putrinya. Tentu kami banyak kesalahan maupun kekurangan. Karena itu, kami juga memohon maaf kepada semua orang tua yang hadir di sini,” ujar keduanya.

Muharno Zarka