blank
Ilustrasi seorang wanita menggunakan masker susu. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Perawatan kecantikan dengan susu, seperti mandi susu atau masker susu, dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati (eksfoliasi), sehingga kulit Anda tampak cerah dan halus. Selain itu, susu juga kaya akan lemak yang dapat membuat kulit terasa lebih lembut.

Masker susu dipercaya dapat membantu mengencangkan sekaligus menjadi pelembap alami kulit. Supaya bisa mendapatkan kulit yang kencang dan lembap, kamu bisa mencampurkan susu cair dengan minyak esensial. Selanjutnya, oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 15 menit.

Jika kamu memiliki tipe kulit kering, maka kamu bisa memakai masker dari susu sapi segar agar wajah bisa lebih cepat bersih. Namun, jika kamu memiliki kulit berminyak, maka gunakan susu krim karena kandungan lemaknya lebih sedikit dan tidak berpotensi membuat kulit makin berminyak.

Baca Juga: Bolehkah Makan Pisang dan Susu Bersamaan, Simak!

Selain membuat kulit wajah menjadi lebih cantik, masker susu juga dapat mengatasi beberapa masalah kulit. Lalu apa saja manfaat masker susu bagi kesehatan kulit wajah?

Dilansir dari alodokter.com berikut adalah 5 manfaat masker susu untuk kecantikan.

1. Mengatasi jerawat

Masker susu diyakini mampu mengobati jerawat berkat adanya kandungan antibakteri. Untuk mengatasi jerawat menggunakan masker susu, diperlukan tambahan madu. Campurkan susu dan madu, kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah, lalu diamkan selama 8-10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

2. Mengencangkan dan melembapkan permukaan kulit

Masker susu juga dapat membantu mengencangkan dan melembapkan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan susu cair dan essential oil, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Lebih Sehat Mana, Kopi Hitam atau Kopi Susu? Simak yuk…

3. Membantu meredakan iritasi kulit

Diketahui bahwa masker susu bermanfaat untuk meredakan gejala iritasi pada kulit, seperti gatal-gatal dan kemerahan. Khasiat ini didapat karena susu memiliki sifat antiradang yang mampu merdakan iritasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup merendam kapas atau kain bersih ke dalam susu cair dingin selama 5-10 menit, lalu kompreskan pada kulit yang mengalami iritasi.

4. Menghilangkan noda hitam pada kuit wajah

Manfaat selanjutnya dari masker susu adalah khasiatnya dalam mengatasi noda hitam pada wajah. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan asam laktat yang mampu mengeksfoilasi kulit.

Cara pengaplikasiannya cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam susu cair, lalu mengoleskannya pada kulit wajah yang ada noda hitamnya. Untuk hasil terbaik, lakukan hal ini secara rutin.

Baca Juga: Dapat Menyebabkan Keracunan, 4 Dampak Mengonsumsi Susu Murini Secara Berlebihan

5. Membuat kulit wajah lebih awet muda

Menggunakan masker susu dengan campuran stroberi diyakini mampu membuat kulit wajah nampak lebih awet muda. Ini berkat adanya beberapa kandungan bahan aktif di dalam susu yang dapat membantu memperbaiki kondisi kulit.

Selain itu, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan vitamin C dalam stroberi bermanfaat untuk menghidrasi kulit, sekaligus mengencangkan kulit wajah.

Nah, itulah 5 manfaat masker susu untuk kecantikan kulit wajah, jangan lupa dicoba ya!

Claudia