blank
Ilustrasi susu murni. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Susu murni merupakan susu yang belum mendapatkan proses pengolahan. Susu murni sangat mudah rusak dan tidak tahan lama disimpan kecuali setelah mendapat perlakuan khusus.

Tak seperti susu biasa, susu murni memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan susu yang sudah melalui proses pengolahan. Berbagai macam manfaat tersebut diperoleh karena nutrisi yang dikandungnya masih alami, karena belum banyak melalui proses pengolahan.

Meski demikian, terlalu banyak mengkonsumsi susu murni secara berlebihan bukannya memberikan manfaat baik namun justru akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Sering Digunakan, Lima Jenis Susu Jadi Bahan Campuran Kue

Dilasnir dari Suara.com untuk lebih jelasnya, mari simak 4 dampak buruk akibat mengkonsumsi susu murni secara berlebihan sebagaimana dilansir dari alodokter.com.

1. Mengakibatkan keracunan

Salah satu dampak yang sering terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi susu murni adalah terjadinya keracunan. Hal ini dapat terjadi karena susu murni tidak disterilisasi atau dipasteurisasi sehingga susu ini berkemungkinan terjadi kontaminasi bakteri patogen penyebab penyakit atau keracunan.

2. Terjadi gangguan fungsi ginjal

Fungsi kinerja ginjal juga bisa terganggu apabila kalian mengkonsumsi susu murni secara berlebihan. Jika hal ini terjadi, maka kalian harus segera membatasi konsumsi susu agar asupan kalium dan protein dalam tubuh dapat berkurang. Dengan demikian gangguan pada ginjal tidak akan bertambah parah.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Resep Susu Srawberry Ala Korea

3. Susu murni mengandung kolesterol yang cukup tinggi

Satu lagi dampak yang kurang baik dari mengkonsumsi susu murni bagi kesehatan tubuh yaitu meningkatnya kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh.

Kandungan lemak yang tinggi dari susu murni inilah yang menyebabkan kondisi seperti ini. Dibandingkan dengan susu skim, susu murni memiliki kandungan lemak yang lebih banyak.

4. Alergi susu dan intoleransi laktosa

Tak hanya disebabkan oleh susu murni, kondisi seperti ini juga dapat diakibatkan karena mengkonsumsi susu yang sudah diolah.

Alergi susu dapat terjadi karena reaksi kekebalan tubuh terhadap protein pada susu sapi. Sementara itu, intoleransi laktosa yaitu suatu kondisi dimana saluran pencernaan tidak mampu mengolah atau mencerna gula laktosa pada susu.

Itulah 4 efek tidak baik yang bisa terjadi karena mengkonsumsi susu murni secara berlebihan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika kalian ingin mengkonsumsi susu ini, kalian berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Claudia