blank
Ilustrasi temulawak. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Temulawak merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan yang berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia.

Temulawak mengandung berbagai zat penting, seperti protein, karbohidrat, serat, dan kalsium. Temulawak banyak dikonsumsi penderita masalah saluran cerna seperti iritasi usus besar (IBS) yang ditandai dengan perut kembung berisi gas. Manfaat temulawak untuk lambung juga didapatkan dari sifat antioksidannya yang mampu menangkal pengaruh radikal bebas yang merusak mukosa lambung.

Meskipun temulawak memiliki kaya manfaat, penggunaan temulawak tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi temulawak dalam jumlah banyak akan berdampak pada rasa mual dan iritasi pada lambung.

Baca Juga: Dapat Menyebabkan Batu Ginjal, Lima Bahaya Mengonsumsi Kunyit Secara Berlebihan

Seperti dilansir dari alodokter.com, berikut lima manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa temulawak memiliki khasiat untuk mengobati radang lambung atau gastritis. Selain itu, mengkonsumsi minuman herbal seperti jamu temulawak memiliki manfaat untuk mengurangi berbagai gejala gangguan pencernaan. Diantaranya adalah diare, sakit perut, dan sembelit.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat temulawak yang paling terkenal adalah khasiatnya untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga mampu membuat tubuh seseorang lebih tahan terhadap berbagai macam jenis penyakit.

Khasiat ini diperoleh berkat adanya beragam kandungan nutrisi dan antioksidan yang mampu membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Harus Minum Jamu Kunyit Asam

3. Memelihara kesehatan dan fungsi hati

Terdapat beberapa studi ilmiah yang menyatakan bahwa temulawak memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati. Manfaat ini diperoleh berkat adanya efek antioksidan dan antiradang yang terdapat dalam temulawak.

Meski begitu, jika hendak menggunakan bahan ini untuk mengobati penyakit pada organ hati, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Diketahu juga bahwa temulawak memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil. Hal ini dapat terjadi karena temulawak mengandung antiradang dan antioksidan yang memiliki efek untuk menekan stres oksidatif dan peradangan.

Selain itu, bahan herbal yang satu ini juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah pada tubuh.

Baca Juga: Lima Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengatasi dan mencegah infeksi

Tak banyak orang yang tahu akan manfaat temulawak yang satu ini. Di dalam temulawak terkandung xanthorrhizol dan kurkuminoid yang memiliki peran sebagai antimikroba.

Tak hanya itu saja, ekstrak temulawak juga memiliki efek antivirus dan antijamur. Maka dari itu, temulawak dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengobati infeksi.

Setelah membaca artikel ini, kalian tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jamu temulawak karena khasiatnya begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia