blank
ilustrasi kunyit. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kunyit atau kunir dengan nama latin Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val. merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok rempah-rempah yang dikenal dengan ciri khas berwarna kuning cerah.

Selama ini kunyit sangat populer untuk digunakan sebagai bumbu dapur dalam berbagai masakan Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, kunyit memiliki beragam fungsi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Dilansir dari Suara.com, tumbuhan berwarna kuning ini juga dikenal sebagai bahan utama dalam racikan jamu tradisional yang dipercaya bisa mengobati berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Empat Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mogok di Jalan

Kunyit mengandung berbagai kandungan zat anti oksidan, anti peradangan, hingga anti bakteri. Dilansir dari artikel Aldokter, berikut ini 5 manfaat kunyit bagi tubuh manusia yang harus kalian ketahui lebih dalam.

1. Mengobati rasa gatal pada kulit

Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan sensasi gatal yang muncul pada permukaan kulit. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa zat yang terkandung dalam kunyit mampu mengobati rasa gatal pada mereka yang mengidap penyakit ginjal kronis.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit mematikan satu ini ternyata bisa dicegah dengan memanfaatkan kandungan alami di dalam rimpang kunyit. Kandungan tersebut disebut dengan kurkumin, yang memiliki fungsi untuk meningkatkan lapisan pembuluh darah yang agar lebih kuat untuk mengalirkan darah di seluruh tubuh.

Baca Juga: Lima Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

3. Mengatasi rasa nyeri saat mentruasi

Rasa nyeri yang muncul saat mentruasi pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari, nah untuk meredakan kondisi tersebut Anda bisa mengonsumsi produk yang mengandung zat kurkumin di dalamnya.

4. Sebagai anti depresan

Siapa bilang kunyit hanya bisa mengatasi kesehatan fisik saja? Kunyit ternyata memiliki manfaat besar dalam proses mengobati kondisi depresi yang dialami oleh seseorang. Kandungan pada kunyit dipercaya memiliki efek sebagai anti depresan sehingga mengonsumsi kunyit bisa membuat gejala depresi berkurang.

5. Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang bisa dihindari jika kita mau berusaha. Nah untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh, bisa dilakukan dengan memanfaatkan tanaman kunyit.

Kandungan kurkumin pada kunyit dikenal sebagai zat anti inflamasi diketahui mampu menghambat perkembangan sel kanker yang menyebar dalam tubuh. Sementara itu, beberapa manfaat kunyit diatas ternyata masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut untuk bisa dibuktikan secara ilmiah.

Claudia