blank
Ilustrasi mabuk saat perjalanan. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mabuk perjalanan jadi salah satu masalah yang kerap kali dialami banyak orang. Biasanya, mabuk perjalanan sering terjadi pada orang-orang yang sedang naik kapal laut maupun mobil.

Dilansir dari Suara.com, kondisi mabuk ini sendiri terjadi karena adanya gangguan pada bagian telinga akibat gerakan konstan dari kendaraan. Karena adanya gangguan tersebut, menyebabkan rasa pusing dan mual, bahkan beberapa orang mengalami muntah.

Mabuk perjalanan juga dapat terjadi pada siapa saja. Namun, kondisi satu ini juga bisa dicegah atau dapat diminimalkan gejala yang dialami. Melansir laman Hindustantimes, berikut beberapa cara atasi mabuk perjalanan.

Baca Juga: Tips Menulis Artikel bagi Pemula

1. Perhatikan apa yang dimakan dan diminum sebelum pergi

Makanan dan minuman juga menjadi faktor yang bisa menyebabkan mabuk perjalanan. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman berlebihan sebelum pergi. Selain itu, hindari juga konsumsi alkohol sebelum pergi.

2. Lakukan akupresur

Teknik akupresur dipercaya dapat mengatasi rasa pusing, mual, yang dialami. Caranya yaitu dengan menekan beberapa bagian pada titik-titik tubuh selama beberapa detik. Hal ini dikatakan dapat mengatasi rasa mual atau pusing yang muncul secara tiba-tiba.

3. Bawa aroma favorit

Rasa mual yang dialami mabuk perjalanan juga sering disebabkan karena bau yang muncul. Untuk itu, penting untuk membawa berbagai aroma yang disukai. Mencium aroma yang disukai akan merangsang penciuman menjadi lebih baik. Terdapat beberapa aroma yang disarankan karena dapat mengatasi rasa mual, seperti peppermint, lavender, kapulaga, dan adas.

Baca Juga: Lima Tips Membersihkan Makeup yang Tepat

4. Konsumsi minuman sehat

Minuman yang dikonsumsi juga menjadi faktor seseorang mengalami mabuk perjalanan. Usahakan untuk menghindari alkohol atau kafein berlebihan. Kafein dapat menyebabkan perut menjadi bermasalah. Untuk itu, seseorang dapat mengonsumsi jus yang lebih sehat. Agar tidak muntah, bisa juga untuk mengonsumsinya sebelum memulai perjalanan.

5. Pilih kursi yang tidak banyak membuat gerak

Lokasi kursi juga menjadi salah satu penyebab mabuk perjalanan. Untuk itu, ketika memilih kursi penting diperhatikan agar tidak mabuk. Usahakan juga untuk memilih kursi yang terlalu banyak melakukan gerakan agar mengurangi risiko mabuk perjalanan.

Claudia