Oleh : Drs Hadi Priyanto, MM

Artikel  adalah karangan berdasarkan tema, fakta, dan gagasan  tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran secara runtut dan sitematis  atas sebuah realita dan  gagasan agar pembaca mendapatkan manfaat. Oleh sebab itu artikel perlu disusun dengan baik, agar pembaca tertarik,  mengerti dan bahkan melakukan apa yang dikehendaki penulis.

Dengan demikian  artikel bisa menjadi sumber inspirasi, menghibur, mendidik, dan bahkan bisa menggerakan pembaca.    Disinilah pentingnya kita belajar menulis artikel, hingga ide, gagasan dan pemikiran kita dapat diterima dan mempengaruhi orang lain.

Jika Anda adalah orang yang ingin mulai belajar menulis artikel, ada dua  syarat utama yang harus Anda miliki, niat dan keberanian. Baru kemudian Anda akan dapat memenuhi persyaratan yang lain seperti ketrampilan, kreatifitas, peka terhadap lingkungan, percaya diri, dan  bersedia terus untuk belajar mengembangkan diri.

Anda akan memulai dari mana ?  

Jika Anda ingin menjadi penulis artikel, atau hanya ingin menulis artikel, jadilah manusia pembelajar. Mulailah membiasakan diri membaca, mengumpulkan data, mengamati, dan melakukan analisa hingga Anda menemukan apa yang menjadi persoalan dan juga solusi yang belum dipikirkan oleh banyak orang. Karena itu   menulislah untuk bidang yang memang benar-benar Anda kuasai. Sebab salah satu ciri artikel yang baik adalah mampu memberikan jalan keluar atas persoalan yang dihadapi oleh pembaca.

Tentukan tema tulisan Anda

Saat menentukan tema tulisan, Anda harus menempatkan diri sebagai pembaca. Karena itu sebagai seorang penulis artikel yang baik,  Anda harus memulai dengan melakukan  observasi dan pengamatan atas berbagai persoalan yang ada ditengah-tengah masyarakat. Tujuannya agar tema tulisan Anda mampu  menarik minat pembaca. 

Pilih   topik yang menarik

Langkah berikutnya ketika Anda telah  menemukan tema, adalah menentukan topik yang ingin ditulis. Jika Anda  menetapkan temanya besarnya adalah Masa Depan  Karimunjama, maka Anda bisa membuat topik yang akan dibahas adalah   Kelestarian Sumber Daya Alam. Topik itu akan membantu Anda untuk tetap fokus pada masalah yang ingin Anda tulis. Topik harus menarik  perhatian pembaca.

Sudut  pandang menentukan tulisan Anda

Agar Anda bisa lebih fokus dalam membahas topik yang telah ditetapkan, maka perlu dipilih dari sudut mana persoalan tersebut akan dibahas. Jika topiknya adalah Kelestarian Sumber Daya Alam Karimunjawa, maka Anda bisa menetapkan topiknya yaitu   Ancaman Karimunjawa Masa Depan (air, terumbu karang, limbah tambak intensif,  hutan mangrove ). Dalam menyusun outline ini Anda harus mulai menginventarisasi  mengapa dan bagaimana persoalan itu terjadi  dan bagaimana pula persoalan itu diselesaikan.

Kerangka dasar akan memudahkan Anda

Agar Anda  memiliki panduan dalam penulisan,  susun outline atau kerangka dasar ide pokok apa yang akan dituangkan dalam artikel. Outline ini sangat beragam. Namun Anda bisa  dengan menyusun  atas dasar pengelompokan yang menerangkan tentang persoalan atau masalah yang dihadapi,  penyebab, akibat dan  solusi yang ditawarkan.

Judul yang menarik adalah etalase

Judul  ibarat   etalase sebuah toko. Karena itu judul harus mampu menarik perhatian pembaca dalam hitungan detik. Dari judul itu pula pembaca akan memutuskan melanjutkan membaca artikel Anda, atau akan berpindah pada artikel yang lain. Oleh sebab itu judul sebuah artikel harus menarik, spesifik, logis,    dan jelas yang dapat menggambarkan persoalan yang akan dibahas. Tentu dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan tidak lebih 10-12 kata.

Alinea  pembuka yang menarik akan jadi pintu

Alinea pembuka sebuat artikel, adalah pintu masuk seseorang untuk mengetahui persoalan penting apa yang akan dibahas. Setelah judul, orang akan menentukan meneruskan membaca atau tidak artikel kita dengan membaca alinea pembuka. Karena itu kalimat-kalimat pembangun alinea pembuka ini  harus disusun dengan logis, sistematis, kesatuan, kepaduan,  menarik dan sekaligus  dapat menggambarkan gagasan  penting yang ingin dibahas.  Harapannya dapat menumbuhkan minat  orang untuk pembaca.

Hubungan antar alinea

Berusahalah agar hubungan antar alinea yang Anda susun ini tetap memperhatikan outline yang telah ditentukan sebelumnyaAnda harus menjaga agar hubungan antar antar aliea tetap  mengembangkan jalan pemikiran  secara sistematis

Susun alinea pengembangan isi

Pada alinea pengembangan isi ini Anda dapat menguraikan persoalan yang menjadi fokus dari topik yang telah ditetapkan secara sistematis,  mengapa terjadi dan bagaimana solusi yang ditawarkan.

Simpulan yang mengesankan

Jangan terlampau panjang membuat simpulan pada alinea penutup, namun harus merupakan cerminan dari seluruh isi yang terangkai dalam kata atau kalimat yang mengesaankan.

Mencari tolok ukur

Salah satu yang harus Anda baca ketika memulai belajar menulis artikel adalah mencari dan membaca artikel yang  bagus dan berkualitas sebagai tolok ukur. Anda bisa  belajar kerangka berfikir yang dibangun dalam mengurai sebuah persoalan. Setelah itu   lakukan  modifikasi   secara kreatif.

Fokus pada persoalan dan solusi  spesifik

Salah satu ciri artikel adalah ketaatan pada topik yang ingin dibahas. Karena itu kembangkan tulisan Anda secara  spesifik, jelas dan terarah. Jika Anda ingin membuatnya membagi beberapa sub bagian, sebaiknya tidak melebihi 200 kata. Hal penting lain rumuskan solusi secara spesifik.

Mengatur waktu

Jika kita menghitung mulai riset, pengumpulan data hingga menjadi sebuah artikel sebenarnya cukup melelahkan. Karena itu Anda harus menggatur waktu dengan sebaik-baiknya, termasuk waktu untuk istirahat.

Jangan malu meminta masukan teman

Sebagai penulis pemula, ada baiknya  meminta teman Anda  untuk membaca artikel yang telah jadi. Anda bisa gunakan saran dan pertimbangannya untuk melakukan perbaikan dan bahkan pengayaan materi.

Jangan melanggar hukum

Salah satu yang harus kita perhatikan ketika menulis sebuah artikel disamping etika adalah adanya norma hukum. Jangan sampai kemudian tulisan yang kita buat menyinggung perasaan individu atau kelompok. Apalagi yang berkaitan dengan isu SARA. Sebab persoalan itu bisa berpotensi menimbulkan persoalan hukum. 

Mulai tetapkan niat  dan jangan pernah berhenti

Jika Anda telah memiliki niat baik untuk menulis, mulailah  dan jangan pernah berhenti.  Belajarkan pada anak yang sedang  berusaha berjalan. Ia tidak berhenti walaupun  beberapa kali terjatuh.( *)

Catatan : Tulisan ini sudah disampaikan penulis  dalam sejumlah kegiatan pelatihan menulis

Penulls adalah Wartawan SUARABARU.ID Wilayah Jepara