blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Membersihkan makeup perlu dilakukan dengan cara yang benar. Selain dengan memilih makeup remover yang sesuai tipe kulit Anda, cara mengaplikasikannya pun perlu diperhatikan.

Dilansir dari Suara.com, hal ini penting untuk dilakukan karena sisa makeup yang menempel di kulit bisa menyumbat pori-pori sehingga memancing timbulnya jerawat.

Jadi, penting untuk kita tahu bagaimana cara yang tepat membersihkannya, seperti yang tertulis di laman allure berikut.

Baca Juga: Terkait Penggerebegan Pabrik Oli Palsu, Polisi Beri Tips Agar Konsumen Tak Terjebak

1. Pakai pembersih untuk makeup

Satu hal yang paling penting adalah memastikan bahwa pembersih wajah Anda selama ini memang dapat digunakan untuk menghapus makeup, setidaknya untuk foundation atau bagian terluar makeup dan blush on.

Aplikasikan pembersih dengan kapas di wajah sambil dipijat, selama kurang lebih 15 detik pada tiap bagian. Ulangi sampai terlihat tidak ada lagi makeup yang menempel di kapas.

2. Gunakan uap air

Bila perlu, sebelum membersihkan makeup, hangatkan terlebih dahulu wajah Anda dengan menempatkannya di atas uap air hangat. Lakukan ini selama kurang lebih satu sampai dua menit.

Baca Juga: Tips Ampuh Cegah Timbulnya Penyakit Saat Musim Hujan

Uap akan melonggarkan pori-pori wajah dan memudahkan proses membersihkan makeup. Cara ini mungkin memakan waktu lebih banyak. Namun, Anda bisa mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

3. Gunakan pembersih khusus area mata

Kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis dibanding sekitarnya. Namun, makeup yang mereka terima justru terkadang berat dan berlapis.

Membersihkan area ini dengan bola kapas mungkin akan meninggalkan serat, jadi pilihlah kapas datar. Gunakan pembersih berbasis minyak atau lakukan pembersihan ganda (double cleansing).

Baca Juga: Enam Tips Hemat Saat Traveling

Tutup mata Anda dan tahan sejenak untuk membersihkan bagian kelopak serta bulu mata. Supaya proses lebih mudah, gunakan pembersih makeup khusus mata.

4. Cleanser dengan minyak untuk menghapus lipstik

Bibir merupakan area yang paling sering kena touch up makeup. Jadi, ini juga menjadi salah satu bagian yang sulit dibersihkan.

Oleh karena itu, pilihlah pembersih makeup dengan bahan berminyak supaya lebih mudah. Selain itu, kini sudah banyak makeup remover two in one yang dapat membersihkan area mata dan bibir.

Baca Juga: Lima Tips Menambah Nafsu Makan Dengan Cara yang Sehat

5. Ikat rambut ke belakang

Saat membersihkan makeup, jangan hanya terfokus pada area yang terlihat. Anda mungkin lupa bahwa saat menggunakannya, Anda juga menutupi area perbatasan rambut dan jidat.

Jadi, jangan lupa mengikat rambut ke belakang supaya daerah tersebut tidak luput dari cairan pembersih. Ingat, sisa makeup yang menumpuk bisa mengundang jerawat di wajah.

Claudia