blank
Ilustrasi traveling. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jalan-jalan alias traveling hemat semakin populer, terutama di kalangan anak muda. Dengan biaya serendah mungkin, traveling harus tetap bisa seru dan menyenangkan. Bagaimana cara melakukannya?

Dilansir dari Suara.com, perencanaan tentang keuangan adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Sehingga biaya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan yang dilakukan saat traveling.

Melansir laman News18, berikut terdapat beberapa tips untuk menyimpan uang saat traveling, agar jalan-jalan tak bikin kantong jebol.

Baca Juga: Tiga Alternatif Mencoba Kegiatan Baru Selain Traveling

1. Cari akomodasi yang murah

Ketika pergi traveling, seseorang tidak memerlukan hotel bintang 5 untuk membuat liburannya menjadi menyenangkan. Seseorang bisa lebih menggunakan keuangannya untuk melakukan berbagai kegiatan saat traveling.

Apalagi, saat traveling orang tersebut lebih banyak menghabiskan waktu di luar. Sementara itu, untuk akomodasi bisa memilih tempat yang lebih murah dan nyaman untuk istirahat.

2. Menabung dari penghasilan

Untuk berhemat, seseorang dapat melakukan traveling dari hasil tabungan yang dimilikinya. Tabungan tersebut, dikumpulkan sekitar 10 persen dari penghasilannya. Dengan adanya tabungan tersebut, seseorang tidak akan memengaruhi penghasilan utamanya saat traveling sehingga masih memiliki simpanan ketika kembali.

Baca Juga: Empat Zodiak yang Bisa jadi Partner Traveling Seru

3. Tetap pada anggaran

Saat traveling, seseorang biasanya sudah memiliki rencana apa yang akan dilakukan serta anggaran yang disiapkan. Namun, ketika traveling kerap kali ada hal-hal yang menggoda sehingga beberapa orang sering menghabiskan uang di luar anggaran yang disediakan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap berpegang teguh pada anggaran yang telah direncanakan. Hal tersebut menghindari uang yang digunakan secara berlebihan.

4. Ketahui pengeluaran

Selain anggaran, pengeluaran juga penting untuk diketahui. Saat traveling, seseorang penting untuk mengetahui apa saja pengeluarannya. Dengan begitu, orang tersebut dapat mengetahui jumlah uang yang masih tersisa serta apakah itu sesuai dengan rencana yang ada. Untuk mengetahui pengeluaran bisa melalui catatan apa saja yang telah dibayar selama traveling.

Baca Juga: Destinasi Wisata Banyuwangi Terus Menjamur

5. Manfaatkan penawaran atau potongan harga

Biasanya maskapai, hotel, atau hal-hal lainnya memiliki promo penawaran atau potongan harga sehingga membantu membuat pengeluaran jauh lebih sedikit. Hal ini akan sangat bagus untuk menghemat keuangan yang dimiliki. Selain itu, uang yang dimiliki bisa menjadi simpanan jika suatu saat dibutuhkan.

6. Fleksibel

Memiliki anggaran untuk lebih hemat bukan berarti harus mengikuti semuanya. Terkadang ada hal-hal tidak terduga yang justru membuat seseorang harus bisa fleksibel dengan keadaan. Selain itu, terkadang promo yang ditawarkan juga hanya pada waktu tertentu. Untuk itu, seseorang harus bisa fleksibel agar keuangannya bisa tersimpan dengan baik.

Claudia