blank
Ilustrasi hujan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat ini kita sedang memasuki musim hujan, dimana bakteri dan virus akan lebih cepat berkembang karena pengaruh suhu yang lebih rendah.

Selain itu, air yang kita gunakan sehari-hari akan mudah terkontaminasi bakteri karena menjadi tempat favorit untuk berkembang biaknya bakteri tersebut, seperti dilansir pada laman Alodokter.com.

Dilansir dari Suara.com, hal itulah yang membuat banyak orang akan mudah terinfeksi dan tertular penyakit, seperti demam, flu, ISPA ataupun diare. Oleh sebab itu, di artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips ampuh untuk mencegah timbulnya penyakit saat musim hujan, berikut empat diantaranya.

Baca Juga: Lima Tips Menambah Nafsu Makan Dengan Cara yang Sehat

1. Tingkatkan Asupan Buah dan Sayur

Melansir dari laman Harvard Health Publishing, bahwa buah dan sayur mengandung beragam jenis zat gizi penting seperti vitamin c, vitamin a, vitamin b kompleks, kalsium, magnesium, kalium, zinc, serta antioksidan seperti flavonoid yang mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Oleh sebab itu jangan lupakan buah dan sayur dalam draft menu makan harian Anda.

2. Rajin Mencuci Tangan

Kebersihan diri terutama tangan merupakan kunci untuk mencegah Anda terhindar dari berbagai penyakit menular saat musim hujan. Anda perlu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol minimal 60% untuk menjaga tangan tetap bersih.

Anda juga wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah memegang suatu barang misalnya ponsel dan gagang pintu, ataupun sesudah buang air, seperti yang dikutip dari laman MayoClinic.com.

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga juga akan membuat sistem imun kita meningkat dan terhindar dari infeksi penyakit saat musim hujan tiba. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga ringan dan sedang minimal 30 menit perhari di dalam rumah untuk meminimalisir penularan penyakit dari orang-orang di luar rumah.

4. Cukupi Waktu Tidur

Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa per hari yaitu sekitar 7-8 jam untuk menjaga kadar hormon sitokin agar tetap normal. Hormon ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan radang, sebaliknya jika waktu tidur harian Anda kurang akibat suka begadang, maka kadar hormon sitokin akan ikut berkurang dan membuat Anda mudah terserang penyakit.

Claudia