blank
Ilustrasi seseorang mengendarai montor. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Motor matic di era ini banyak sekali digunkan oleh warga Indonesia karena pengoperasiannya yang lebih simpel dibandingkan dengan motor manual. Tak heran motor matic menjadi pilihan bagi anak muda maupun orang tua, pria ataupun wanita.

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (24/11/2022), dari yang tinggal di desa sampai orang yang tinggal di kota. Namun, perlu diketahui bahwa motor matic sebenernya lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan dengan motor manual.

Apalagi dengan teknologi injeksi yang saat ini sudah diterapkan disemua motor keluaran terbaru, tentunya harus diimbangi dengan perawatan yang lebih ekstra dibandingkan dengan motor manual agar motor matic kita tidak mudah rusak.

Baca Juga: Empat Tips Mekeup Lebih Tahan Lama

Dalam melakukan perawatan motor matic sebenernya tidaklah terlalu sulit, akan tetapi banyak orang yang tidak melakukannya karena alasan malas atau tak punya waktu. Terutama bagi seorang cewek, mereka sangat jarang memperhatikan kesehatan motornya. Lalu, bagaimana cara kita merawat motor matic agar tidak mudah rusak?

Berikut empat cara merawat motor matic yang wajib diketahui agar tidak mogok di jalan.

1. Panaskan motor sebelum digunakan

Biasakan sebelum digunakan untuk perjalanan, panaskan dulu motor dengan menyalakannya 3 sampai 5 menit sudah cukup. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan oli yang mengendap di bawah agar bisa tersebar keseluruh permukaan mesin.

Baca Juga: Gagal Panen Karena Hama? Yuk Simak Tips Berikut Ini

2. Jangan sampai kehabisan bensin

Usahakan untuk selalu menjaga tangki bensin terisi. Karena sekalinya kehabisan bensin sampai motor tak menyala, akan berpengaruh pada fuelpump dan injeksi. Jika sampai rusak, biaya perbaikan bisa mencapai 1 jutaan.

3. Rutin ganti oli

Kehabisan oli adalah salah satu faktor penyebab motor matic rusak yang paling banyak dialami seseorang. Banyak sekali saya temui motor matic yang harus diservis sampai menghabiskan 1 sampai 2 juta rupiah karena motor kehabisan oli. Untuk itu selalu kontrol oli mesin kalian, sesuaikan dengan sering tidaknya kalian menggunakan motor.

4. Rutin servis setiap bulan

Jika kalian memiliki waktu dan kesempatan, serta memiliki cukup uang, jangan malas untuk melakukan servis bulanan. Ada banyak sekali manfaat yang didapat dari servis ini. Nantinya pihak bengkel akan memeriksa oli mesin dan oli gardan, membersihkan komponen dalam, serta memeriksa bagian roller apakah sudah perlu diganti atau belum.

Namun, apa bila merasa keberatan untuk servis setiap bulan, tak mengapa melakukan servis dua bulan sekali atau tiga bulan sekali. Itulah empat perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga agar motor matic tidak mudah rusak, dan mengurangi risiko mogok di jalan.

Claudia