blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Pemerintah Desa Suwawal bersama unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan tokoh masyarakat setempat, sepakat menjaga situasi kondusif di wilayah demi terbangunnya investasi yang sehat. Kesepakatan itu mengemuka saat salah satu perusahaan yang akan masuk dalam tahapan operasional di desa itu menggelar sosialisasi di balai desa setempat, Kamis (24/11/2022). Kegiatan yang dipimpin Petinggi Suwawal Arief Ma’sum dihadiri unsur Babinsa Supriyanto dan Bhabinkamtibmas Arif Budiman. Sosialisasi mengundang unsur BPD, tokoh masyarakat, dan RT-RW.
“Selain perizinan investasi, setiap perusahaan yang akan beroperasi di Suwawal kami minta menjalin komunikasi yang baik dengan semua elemen di desa. Kami sepakat untuk menjaga iklim kondusif agar terbangun investasi yang sehat demi kesejahteraan masyarakat,” kata Arief Ma’sum.
Dalam kesempatan itu petinggi berpesan agar dalam perekrutan karyawan diprioritaskan warga setempat tanpa mengesampingkan persyaratan ketenagakerjaan. Selain itu, perlu keterbukaan pola bina lingkungan dan kepedulian pada infrastruktur desa.
Perwakilan perusahaan yang hadir mengaku siap memprioritaskan karyawan untuk warga sekitar. Saat order turun pada masa operasional mendatang, pihaknya mengaku bisa membutuhkan 600-karyawan.
Ketua BPD Muhammad Kholiq meminta agar perusahaan mengantisipasi munculnya miskomunikasi antara perusahaan dengan pemerintah desa dan masyarakat.
“Tidak ada kata terlambat, kalau ada apapun silakan berkomunikasi dengan petinggi, BPD, dan masyarakat,” kata Kholiq.
Ketua RW 1 Nasikun menambahkan, perusahaan yang akan berdiri di desa diharapkan mematuhi segala regulasi terkait investasi, termasuk izin lingkungan. “Ke depan kerja sama perlu diperkuat agar semakin menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Kesepakatan yang dicapai pada kesempatan itu, dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani petinggi, seluruh perwakilan unsur desa, dan perwakilan perusahaan.

Aksl