Ilustrasi jamu kunyit asam. Foto: cookpad.com.
Ilustrasi jamu kunyit asam. Foto: cookpad.com.

SUARABARU.ID – Minuman herbal atau yang lebih dikenal dengan jamu memang sangat familiar di Indonesia, terutama di kalangan masyarakat Pulau Jawa. Kebanyakan dari mereka percaya bahwa jamu dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit perut, sakit kepala, dan penyakit lainnya.

Kepercayaan tersebut membuat jamu kerap dipilih sebagai solusi untuk menyembuhkan aneka penyakit. Dari bahan baku dan khasiat di dalamnya, ada banyak sekali jenis jamu di Indonesia, salah satunya yaitu jamu kunyit asam.

Kunyit asam adalah salah satu jamu yang populer karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu ini masih tradisional dan punya khasiat beragam. Jamu ini dibuat dengan bahan-bahan alami seperti kunyit, asam, gula jawa, air putih, dan lain-lain.

Salah satu manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi jamu kunyit asam adalah dapat
meredakan nyeri saat wanita sedang menstruasi. Tidak hanya itu, berikut beberapa manfaat jamu kunyit asam lainnya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih segar, berkat kandungan anti bakteri dalam jamu kunyit asam yang melimpah. Dengan keadaan seperti itu, sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat sehingga daya tahan tubuh pun juga akan meningkat.

2. Mengatasi bau badan yang kurang sedap
Salah satu kandungan jamu kulit asam adalah minyak atsiri yang ada pada kunyit. Minyak atsiri ini mampu mengendalikan produksi keringat dalam tubuh dan melawan bakteri penyebab bau badan.

3. Mencegah timbulnya jerawat di wajah
Kandungan vitamin A dan C yang ada dalam jamu kunyit asam membuat kulit menjadi semakin halus, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat di wajah.

4. Mencegah penuaan dini
Bila sering mengonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat, maka resiko penuaan dini dapat meningkat. Oleh karena itu, mengonsumsi jamu kunyit asam dapat menurunkan resiko penuaan dini karena kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa melawan tanda-tanda penuaan dini.

5. Membantu menurunkan berat badan
Jika kita punya keinginan untuk diet, mengonsumsi jamu kunyit asam bisa menjadi alternatif minuman sehat yang dipilih. Jamu kunyit asam mampu menjaga kadar gula darah dan kolesterol sehingga resiko kenaikan berat badan dapat dihindari.

Dari pelbagai manfaat tersebut, Anda jadi makin tertarik mengonsumsi jamu kunyit asam, bukan?

Muhammad Revanda Akmalu Risqi, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang