blank
Ilustrasi seekor anjing tengah berenang. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Belakangan ini cuaca di Indonesia lagi panas-panasnya, ya. Bahkan di sejumlah daerah di pulau Jawa suhu rata-rata saat siang hari bisa mencapai angka 35 derajat Celsius.

Efek dari peningkatan suhu ini tentu saja membuat orang mudah gerah dan berkeringat. Ternyata efek ini tidak hanya dirasakan oleh manusia saja loh, karena hewan juga merasakan efek ini.

Dilansir dari Suara.com, hewan peliharaan seperti anjing bisa mengalami heat stroke karena peningkatan suhu cuaca. Kondisi ini bisa berakibat fatal loh, teman-teman.

Baca Juga:Pencinta Hewan Wajib Tahu! 4 Tips Hemat Biaya Perawatan Memelihara Anjing

Lalu, apakah ada cara untuk menjaga suhu tubuh anjing agar tetap normal di cuaca yang terik seperti saat ini? Dilansir dari artikel Stacker.com, yuk langsung simak informasinya berikut ini.

1. Ajak mereka berenang

Berenang bisa menjadi solusi seru yang bisa dilakukan ketika menghadapi cuaca yang lagi panas-panasnya. Kalian bisa mengajak anjing peliharaan untuk berenang dan bermain dengan mereka.

Sebelum berenang pastikan area dan air kolam bersih agar tidak ada bakteri atau kuman yang bisa mempengaruhi kesehatan anjing. Selain itu, saat mereka sedang asyik berenang, jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan mereka.

2. Lindungi bagian cakar atau kaki

Ketika kalian mengajak anjing peliharaan jalan-jalan ke luar rumah saat cuaca sedang terik, ada baiknya kalian melindungi bagian cakar dan kaki mereka. Kalian bisa menggunakan sepatu atau kaos kaki khusus anjing untuk menutupinya. Jika area tersebut tidak dilindungi maka cakar mereka bisa terluka.

Baca Juga: Tiga Tips Menghentikan Kebiasaan Anjing Agar Tidak Menggigit

3. Pilih waktu yang tepat untuk jalan-jalan

Jika cuaca di luar rumah terlalu panas, sebaiknya kalian tidak mengijinkan mereka keluar rumah. Tapi jika kalian memang ingin banget mengajak mereka jalan-jalan, maka pilihlah waktu yang tepat misalnya pagi atau sore hari.

4. Waspada dengan sinar matahari

Hewan peliharaan terutama anjing memang senang sekali jika diajak ke luar rumah. Namun saat cuaca panas seperti sekarang, kalian harus lebih ekstra hati-hati ya. Karena sinar UV bisa mempengaruhi kondisi kulit dan bulu mereka, lho. Untuk mengatasinya, kalian harus menemukan produk sunscreen khusus anjing yang bisa diaplikasikan di tubuh mereka agar tetap terlindungi.

5. Gunakan handuk dingin

Kalian bisa membalut handuk anjing dengan handuk yang telah direndam di dalam air dingin untuk menjaga suhu tubuh mereka agar tetap normal dan tidak overheat. Tapi jangan terlalu lama ketika membungkusnya, ya. Karena jika terlalu lama, hal ini bisa membuat tubuh mereka semakin meningkat. Jadi perhatian durasinya, ya!

Nah itulah 5 cara mudah untuk menjaga suhu tubuh anjing peliharaan agar tetap sehat dan terawat meskipun cuaca di luar rumah sedang panas banget. Jangan lupa dicoba ya, kawan-kawan!

Claudia