blank
Ilustrasi anjing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memelihara anjing sebagai hewan peliharaan memang menjadi hal yang menyenangkan. Namun di balik kesenangan yang Anda dapatkan, ada sejumlah budget yang lumayan besar untuk keperluan biaya perawatan hewan tersebut.

Biaya perawatan untuk seekor anjing umumnya terdiri atas biaya makanan, minuman, vaksin, medical check-up, hingga pengobatan jika mereka sedang sakit. Terkadang, total biaya perawatan tersebut bisa membengkak setiap bulannya jika tidak dikelola dengan cermat.

Dilansir dari Suara.com tapi tenang saja, ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu menyimak dan menerapkan 4 tips untuk menghemat biaya perawatan anjing peliharaan berikut ini.

Baca Juga: Tiga Tips Menghentikan Kebiasaan Anjing Agar Tidak Menggigit

1. Selektif dalam memilih produk untuk hewan

Sama seperti produk makanan untuk manusia, produk khusus anjing juga selalu berinovasi setiap waktu. Jadi, jangan sampai Anda termakan iklan jika brand langganan Anda sedang mengeluarkan produk baru.

Sebelum membeli produk khusus untuk anjing peliharaan, sebaiknya Anda mencari tahu lebih dalam tentang kandungan, manfaat, dan yang paling penting selalu mengecek harga produk sebelum membeli.

2. Vaksin adalah hal wajib!

Kesehatan adalah hal utama, termasuk untuk anjing peliharaan. Oleh sebab itu, selalu sempatkan membawa anjing Anda untuk mendapatkan vaksin secara rutin setiap bulannya. Hal ini akan membantu daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan mereka.

Baca Juga: Yuk Jaga Nutrisi Anjing Kesayanganmu Dengan Bahan-bahan Berikut Ini

Anjing yang memiliki tubuh sehat dengan vaksin lengkap akan jarang sakit. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk menekan biaya perawatan dan pengobatan mereka, jadi dana tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain yang sifatnya lebih penting.

3. Lakukan sterilisasi

Menurut artikel Halodoc, sterilisasi pada anjing adalah prosedur operasi yang bertujuan untuk mengangkat organ reproduksi mereka agar mereka tidak berkembang biak lagi di masa depan.

Proses sterilisasi atau pengebirian pada anjing perlu Anda lakukan, karena selain menghemat biaya perawatan, prosedur ini bisa mencegah anjing Anda terjangkit penyakit yang berhubungan dengan saluran kencing, ovarium hingga kanker testis.

Baca Juga: Enam Tips Merawat Kesehatan Anjing yang Dapat Dilakukan di Rumah

4. Lakukan perawatan secara mandiri

Tips terakhir yang wajib Anda terapkan ketika memiliki anjing peliharaan adalah meluangkan waktu untuk belajar dan mempraktekkan teknik perawatan seperti menggosok gigi, memandikan, hingga mencukur bulu mereka secara mandiri.

Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 1-2 jam untuk melakukan kegiatan ini. Jangan lupa untuk memanfaatkan momen weekend ketika Anda sedang libur kerja untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan di rumah.

Selain bisa menekan biaya, kegiatan tersebut juga bisa mempererat ikatan batin antara anjing dan pemiliknya secara tidak langsung. Nah, itulah 4 tips yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya perawatan anjing peliharaan. Semoga bermanfaat!

Claudia