Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sebagai pemilik baru yang baik, tentu Anda ingin anjing yang Anda pelihara tetap sehat dan bahagia. Dilansir dari Suara.com, bahkan Anda mungkin belajar hal-hal dasar terkait bagaimana merawat anjing yang baik sebab ini kali pertama Anda memeliharanya.

Sebagai pemula, Anda tak usah khawatir atau takut kerepotan karena merawat anjing tidak terlalu sulit. Setidaknya, dilansir dari laman The Spruce Pets, ada 6 tips merawat kesehatan anjing yang bisa Anda praktikkan di rumah:

1. Perhatikan Kebutuhan Vaksin

Kalau Anda memutuskan ingin memelihara anjing, maka perhatikanlah kebutuhan kesehatan anjing. Anda bisa memulainya dengan memberinya vaksin dengan tujuan mencegah penyakit yang bisa menyerang binatang kesayangan Anda ini.

Baca Juga: Tiga Manfaat Memelihara Anjing di Rumah

Umumnya, vaksin baru bisa diberikan ketika anjing memasuki usia 6 minggu sampai 1 tahun. Jenis vaksinnya, bisa rabies, hepatitis, parvo atau yang lain.

2. Nutrisi yang Optimal

Usahakan makanan yang diberikan pada anjing adalah makanan agak lunak agar bisa dicerna dengan baik. Selain itu, perhatikan nutrisinya. Anjing yang sehat adalah anjing yang mengkonsumsi makanan sehat serta pola makan yang tepat.

3. Bermain Rutin

Ajaklah anjing Anda bermain secara rutin. Apalagi anjing adalah tipikal binatang yang butuh interaksi secara intens. Mereka akan mudah stress apabila tak diperhatikan dan diabaikan. Bermain dengan anjing tak mesti keluar bersama ke taman tiap hari. Anda bisa bermain di rumah dengan bola atau memberinya hadiah dengan makanan kesukaan.

Baca Juga: Empat Hal yang Membuat Anjing Merasa Marah dan Kesal

4. Perawatan Gigi

Kesehatan gigi memang jarang diperhatikan. Tetapi tak ada salahnya Anda mencoba melakukan hal kecil ini.

5. Menyisir Bulu

Secara umum, anjing minimal disisir sekali dalam seminggu. Tujuannya adalah membersihkan bulu yang rontok. Bahkan saat terasa kepanjangan, bulu anjing harus segera dipotong.

6. Kandang

Kenyamanan kandang harus betul-betul diperhatikan oleh mereka-mereka yang memutuskan memelihara anjing. Tentu saja, kenyamanan bukan berarti harus mewah. Kenyamanan bisa diartikan dari segi kebersihan.

Alasnya bisa Anda beri sesuatu yang lembut dan tentunya jangan lupa rajin membuang kotoran anjing. Sama seperti kita yang tak suka kotor, anjing pun tak suka jika kandangnya kotor.

Claudia