blank
Prrsonel TNI dari Koramil-04 Nguntoronadi Kodim 0728 Wonogiri, tampil memprakarsai kerja bakti menyingkirkan rumpun-rumpun bambu yang menutup alur Kali Wiroko.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Aliran Kali Wiroko, tertutup sejumlah rumpun bambu yang ambrol karena terkikis terjangan arus banjir. Lokasinya, berada di bawah Jembatan Karangturi, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri.

Warga menyatakan, rumpun-rumpun bambu itu semula tumbuh di tebing tepi kali. Bersamaan dengan hujan deras yang memicu banjir, rumpun bambu itu ambrol ke bagian alur kali. Kali Wiroko adalah salah satu anak sungai Bengawan Solo, yang mengalir dari Kahyangan Tirtomoyo, Wonogiri, dan bermuara ke perairan Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Dampak alur kali yang tertutup sejumlah rumpun bambu tersebut, menyebabkan aliran air menjadi terhambat. Bila turun hujan deras dari wilayah hulu, memicu terjadinya banjir yang berpotensi memindahkan alur kali ke sisi samping yang tidak terhalang rumpun bambu.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto melalui Penerangan Kodim (Pendim) Pelda Indra, Senin (2/1), menyatakan, untuk menyikapi hal tersebut BatiTuud Koramil-04/Nguntoronadi, Peltu Lutfi tampil memprakarsai kerja bakti gotong royong membersihkan aliran kali dari sumbatan rumpuh bambu.

Kerja bakti melibatkan Babinsa Serma Memed dan Serka Agung bersama para relawan siaga bencana, pamong desa dan warga masyarakat. Sasaran kerja bakti, fokus melakukan upaya menyingkirkan rumpun-rumpun bambu yang menutup alur kali.

Jembatan Karangturi

Lokasi kerja bakti berada di bawah Jembatan Karangturi, yakni di titik yang tertutup longsoran sejumlah rumpun bambu. Kerja bakti bersih-bersih alur kali ini, dilakukan dalam upaya mengantisipasi banjir manakala datang hujan deras.

blank
Banjir Kali Wiroko meluap menggenangi ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim) di lokasi Karangturi, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri.(Ist.Karangturi)


Sebab, banjir Kali Wiroko berpotensi meluap dan menggenangi ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim). Juga mengancam wilayah perkampungan warga di Dusun Karangturi, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, dan pemukiman warga di sisi barat Kecamatan Tirtomyo, Kabupaten Wonogiri.

”Sekarang ini baru musimnya penghujan, kami khawatir bila tidak segera dibersihkan, air Kali Wiroko akan meluap masuk ke pemukiman warga,” jelas Peltu Lutfi.

Warga masyarakat, diajak untuk segera menyingkirkan rumpun-rumpun bambu yang menutup alur Kali Wiroko tersebut. Tujuannya, agar aliran air di Kali Wiroko mengalir lancar agar tidak memicu terjadinya banjir.

Bambang Pur