blank
ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jika anjing peliharaanmu menggingit pernah seseorang, Anda mungkin merasa khawatir dan kesal lantaran binatang kesayangan Anda ternyata menyakiti orang lain.

Dilansir dari Suara.com, tentunya Anda perlu melakukan tindakan cepat agar kejadian ini tidak terulang. Alasan yang paling sering mengapa anjing menggigit adalah ketika dia merasa terancam. Ini adalah naluri alami yang dimiliki anjing.

Kendati begitu, selaku pemilik, tentu Anda memiliki kepekaan yang lebih daripada orang lain dalam memandang apakah anjing Anda berkeinginan untuk menggigit atau tidak. Dilansir dari The Spruce Pets, ada beberapa alasan mengapa anjing menggigit seseorang, di antaranya:

Baca Juga: Yuk Jaga Nutrisi Anjing Kesayanganmu Dengan Bahan-bahan Berikut Ini

1. Anjing menggingit untuk membela diri atas wilayahnya atau anggota kawanannya. Misalnya, seekor induk anjing akan berusaha melindungi anaknya dari orang lain.

2. Anjing menggigit lantaran dikejutkan. Contohnya, ada anak kecil yang datang dari belakang, lalu tiba-tiba mengejutkan anjing yang tengah tiduran. Bisa saja secara reflek, anjing akan menggigit lantaran kaget.

3. Jika seseorang bertemu seekor anjing dan berlari, maka anjing merasa hal itu semacam permainan. Tapi jika terus berlari, anjing akan menjadi agresif.

4. Anjing yang menggigit bisa saja dia tengah mengalami rasa takut sebab ditinggal majikan.

Lantas, bagaimana caranya untuk menghentikan kebiasaan anjing yang sering menggigit orang? Sebagai pemilik, tentu Anda bertanggungjawab untuk melatihnya, dan semoga tips di bawah ini bisa membantumu, ya:

1. Sosialisasi

Ajaklah anjingmu bersosialisasi seperti dikenalkan pada beragam orang. Misalnya, anak kecil atau orang tua. Kenalkan mereka sejak dini terkait bunyi sepeda, suara mesin yang keras, teriakan atau hal-hal yang sekiranya membuat anjing ketakutan.

Baca Juga: Enam Tips Merawat Kesehatan Anjing yang Dapat Dilakukan di Rumah

Apabila hal semacam ini belum menunjukkan perkembangan, bolehlah meminta bantuan professional dalam menerapkannya. Sebab nantinya, pelatih akan menyusun materi yang akan diberikan pada anjingmu.

2. Perhatikan Bahasa Tubuh Anjingmu

Saat berada di luar dan bertemu orang lain, pelajarilah bahasa tubuh anjingmu apakah mulai agresif atau tidak. Semisal mulai agresif, jauhkanlah sementara demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Memberinya Tali Pendek

Kenakan tali pada anjingmu saat membawanya keluar. Sebelum melepaskannya di area yang dirasa aman, perhatikan dahulu apakah anjingmu tengah takut atau tidak dan gunakan tali sebagai pengatur.

Demikian langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat anjingmu menggigit seseorang. Semoga tidak terjadi lagi, ya.

Claudia